Soko Berita

Heboh! Tiket Konser Day6 Bikin Konsumen Merugi, Kemendag Turun Tangan, Refund Baru 40 Persen!

Konsumen konser Day6 melayangkan protes karena refund belum tuntas. Kemendag panggil Mecimapro, tiket.com, dan APMI untuk klarifikasi dan penyelesaian refund.

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
08 Mei 2025
<p>Konser Day6 3rd World Tour: Forever Young yang digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu, 3 Mei 2025. (Dok.tiket.com)</p>

Konser Day6 3rd World Tour: Forever Young yang digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu, 3 Mei 2025. (Dok.tiket.com)

SOKOGURU, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI akhirnya turun tangan menyikapi kekisruhan konser Day6 3rd World Tour: Forever Young yang digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu, 3 Mei 2025.

Melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Kemendag resmi memanggil PT Global Tiket Network (tiket.com), promotor konser Mecimapro, serta Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI), Selasa 6 Mei 2025, guna meminta klarifikasi atas aduan konsumen terkait pembelian tiket.

Langkah ini diambil setelah muncul berbagai keluhan dari pembeli tiket, mulai dari kebijakan pengembalian dana (refund) yang belum jelas, perubahan lokasi konser yang berimbas pada posisi kursi, hingga akomodasi yang terlanjur dipesan.

Baca juga: Perkuat Ikatan Kerja Sama, Jakarta dan Paris Kolaborasi Fesyen, Musik, dan Ekonomi Kreatif

“Kami hadir untuk melindungi konsumen. Klarifikasi ini merupakan langkah nyata negara hadir dalam penyelesaian pengaduan yang merugikan konsumen,” tegas Dirjen PKTN, Moga Simatupang.

Refund Masih Jalan di Tempat, Baru 40 Persen Tiket yang Diproses

Fransiska Melani, Direktur Mecimapro, menyatakan bahwa hingga awal Mei 2025, proses refund tiket baru mencapai 30%–40%. Mecimapro menargetkan pengembalian dana selesai paling lambat akhir Mei 2025.

"Kami perlu waktu untuk mencocokkan data konsumen yang mengajukan pengembalian dana dengan mereka yang tetap memilih menonton konser,” jelasnya.

Melani menambahkan bahwa konsumen yang membeli melalui mecimashop.com dan merasa belum menerima refund bisa menghubungi melalui email contact@mecimapro.com.

Baca juga: Cegah Pembatalan Konser, Promotor Musik Diminta Optimalkan Persiapan Keamanan

Tak hanya itu, Mecimapro juga mengklaim telah menyediakan shuttle bus gratis, kartu pos foto, jas hujan, layanan medis, dan makanan gratis sebagai bentuk tanggung jawab atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Tiket.com Ambil Langkah Proaktif, Refund Otomatis hingga 14 Mei

Sementara itu, Legal Senior Manager tiket.com, Martino Arnoldi, mengungkapkan bahwa pihaknya memutuskan untuk memproses pengembalian dana secara mandiri karena belum menerima informasi lengkap soal nomor kursi dan antrian dari promotor.

Hingga Senin (5/5), progres refund di tiket.com telah mencapai 40 persen dari total 6.900 tiket yang terjual. 

Baca juga: Harmoni Musik 'The Papandayan Jazz Fest 2024' Siap Mengguncang Kota Bandung

Dana dikembalikan dalam bentuk tunai, saldo Bliblipay, Blibli Tiket Point, atau kupon hadiah (gift voucher). 

Seluruh pengembalian otomatis akan rampung pada 14 Mei 2025 bagi konsumen yang belum mengajukan permintaan refund.

APMI dan BPKN Dorong Perbaikan & Edukasi

Ketua APMI Dino Hamid turut mendesak Mecimapro agar segera menyelesaikan tanggung jawabnya terhadap refund konsumen. 

Di sisi lain, Ketua Komisi Advokasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Fitrah Bukhari, menekankan pentingnya edukasi konsumen dan perbaikan sistem pada penyelenggaraan konser mendatang.

Bagi konsumen yang merasa dirugikan dan belum menerima haknya, Kemendag membuka kanal pengaduan melalui WhatsApp 085311111010, cukup lampirkan bukti transaksi dan pengajuan refund. (*)