Cerita UMKM Berbasis Data, Berdampak Nyata
“Koperasi dan Usaha Kecil adalah Sokoguru Ekonomi Indonesia”,-Moh Hatta.
Sokoguru sendiri berarti tiang utama/fondasi dari suatu bangunan. Pengibaratan ini bukan sekedar jargon, tapi benar-benar bisa kita saksikan dan rasakan berpuluh tahun mendatang di Indonesia kita ini.
UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Keberadaanya telah hadir dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat luas. Perjalanan UMKM Indonesia ini pun terus beradaptasi dari masa ke masa dan mampu bertahan dari segala tantangannya. Dampak UMKM Indonesia nyata dan memberi perubahan positif akan pemenuhan target SDGs Indonesia. Serta mendorong untuk meraih kesempatan bonus demografi Indonesia pada tahun 2045 Mendatang.
Sokoguru hadir pada tahun 2021, merespons kondisi pandemi COVID-19 yang menghadirkan UMKM sebagai pahlawan ekonomi Indonesia. Sokoguru terintegrasi lewat Informasi dan Edukasi untuk UMKM Indonesia, serta membangun ekosistem berbasis komunitas UMKM di 38 Provinsi di seluruh Indonesia untuk menginisiasi kolaborasi ekosistem UMKM Indonesia yang berdaya, dan berdampak NYATA.
Secara Media, UMKM seringkali disorot dari besaran omzet, atau potensi keuntungannya saja tetapi Sokoguru menghadirkan cerita dari sisi kemanusiaannya dan berasal dari data yang nyata, dengan cerita dan visual.
Sokoguru melalui web dan sosial media menghadirkan berita terkini mengenai perkembangan UMKM di Indonesia di berbagai pelosok negeri. Mengangkat kisah inspirasi, cerita di balik usaha, pertumbuhan bisnis serta dampak nyata pada sosial dari 38 Komunitas Sokoguru yang tersebar di seluruh Indonesia.
Bukan hanya Media, Sokoguru menyambungkan Ekosistem Pendidikan, Bisnis, Komunitas, Pemerintah, Media dan Agregator. Dengan konten yang edukatif, serta berbagai aktivasi kepada UMKM sehingga benar-benar dapat berdampak NYATA kepada UMKM yang terhubung dengan Sokoguru.
Dengan Community Development, UMKM Indonesia benar bisa terhubung dan mengembangkan diri, keluarga, bisnis, masyarakat sekitar, hingga ekonomi nasional.
Tim Kami
CHIEF EXECUTIVE OFFICER
Nuari Hadian SaripDEPUTY GM
Zulfikar HubullahEDITORIAL TEAM
Penanggung Jawab Nuari Hadian S. Editor in Chief Rosmery C Sihombing Head Of Programmatic Rizki Laelani Redaktur Deri Dahuri, Zulfikar Hubullah Reporter Rizkia Indra Saputra, Firmansyah Unes Rakhmawan, Taufan Arya TanubrataMULTIMEDIA
Head Dede Ramdani Multimedia Team Nur Laila Ramadhaniaty, Faghmal Baekhaqi, Andhika Eko Prana, Herawan, Rizkia Indra Saputra, Taufan Arya Tanubrata, Firmansyah Unes Rakhmawan
MARKETING & COMMUNITY DEVELOPMENT
Head Leonardus vicko nugrahadi Team Puji Susanti, Ishmah Nailah Muthmainnah
SALES
Team M Abdul Fatah, Wina Nur widi
EVENT PROJECT
Head Marisya Pratiwi Team Roni Mukharom Putra, R Reza Fahlevi, Rizki Maulana, Nurwinda Febriani, Jihan Helfi, M Firqi Ramadhan
FINANCE & ACCOUNTING
Head Andre Deo Ferdiansyah Team Anika Meliyani, Wiwit Nur Afrilina