Ekonomi

Dekranasda Kota Bandung Komitmen Terus Dorong UMKM Naik Kelas

Di wilayah Kota Bandung tercatat ada 11 ribu pengusaha kecil dan menengah. Oleh karenanya, Dekranasda Kota Bandung harus memiliki peran pembinaan promosi.

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
19 April 2024
Penjabat Ketua Dekranasda Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah mengunjungi pelaku UMKM di Kota Bandung, Jawa Barat, (Ist/Pemkot Bandung)

DEWAN Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung terus meningkatkan akselerasi soal produk lokal untuk naik kelas

 

Bahkan sebagai pelayan jasa dan pariwisata, Kota Bandung diyakini mampu meningkatkan citra produk lokal tak hanya di Indonesia bahkan mampu menembus pasar mancanegara.

 

"Kota Bandung ini kota jasa dan pariwisata. Ini harus diterjemahkan secara detail, satu di antaranya keberadaan Dekranasda," kata Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono pada kegiatan Silaturahmi Dekranasda Kota Bandung, di Galeri Patrakomala, sebagaimana dilansir situs Pemkot Bandung, Kamis (18/4).

 

Baca juga: Lebarkan Market, Frozen Foods Produk UMKM asal Kota Bandung, Lakukan Inovasi

 

Ia mengungkapkan, di Kota Bandung tercatat ada 11 ribu pengusaha kecil dan menengah. Oleh karenanya, Dekranasda Kota Bandung harus memiliki peran pembinaan promosi.

 

Saat ini, Kota Bandung memiliki tiga galeri yang menghadirkan berbagai macam produk lokal di Kota Bandung. Mulai dari Galeri Patrakomala, Jalan Jakarta, Galeri Dekranasda,  di MPP, Jalan Cianjur dan Salapak Mirkoshop, di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang.

 

Meskipun terdapat berbagai galeri, Bambang menegaskan perlu evaluasi untuk peningkatan branding produk lokal terus berakselerasi.
 

 

"Kita sama-sama evaluasi. Saya pikir semua sepakat harus naik kelas. Bagaimana caranya? Harus berbenah diri jangan ada rasa puas. Ini motivasi untuk semua," tegasnya.

 

Baca juga: Hadirkan Produk UMKM Sepekan, Ramadan Vaganza Kota Surabaya Catat Transaksi Rp 500 Juta

 

Di tempat yang sama, Penjabat Ketua Dekranasda Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah mengungkapkan, Dekranasda Kota Bandung saat ini tengah masuk dalam kelas akselerasi. Yakni dengan menggelar beragam pelatihan.

 

Hal ini, menurut Linda menjadi pematik awal untuk agenda selanjutnya lebih masif.

 

"Bulan Ramadan itu, Dekranasda berhasil melaksanakan Bazzar Ramadan. Dari kegiatan itu, kita akan evaluasi mulai kelas daya saing, termasuk jenis produk yang penyesuaian harga," ungkap Linda.  

 

Baca juga : 100 UMKM Terbaik Ikuti Coaching bjbPreneur Bank bjb

 

Ia pun berharap, para pengurus tetap semangat memberikan ilmu kepada para pelaku UMKM baik yang baru maupun yang sudah berjalan.

 

"Soal menambah capaian omzet, kita berikan pelatihan, edukasi sehingga mereka lebih pahan dan gesit untuk berjualan.  Kita lebih jauh populerkan bisnisnya. Beda antara strategi marketing dengan strategi bisnis," tutur Linda. (SG-2)