SOKOGURU - Saat ini, sosial media bisa dijadikan sebagai alat personal branding dan juga membangun bisnis sebagai wadah promosi gratis.
Dalam meningkatkan personal branding, dibutuhkan pengetahuan soal audience centric, yaitu mengetahui kebutuhan dan keinginan audience dalam konten.
Hal ini, bisa berupa edutainment, education, atau entertainment disesuaikan dengan niche masing-masing seperti self-development, digital marketing, ekonomi, hingga bisnis.
Media sosial bahkan bisa memunculkan orang-orang expert di bidang tersebut, seperti Aldio Ogut (Bang Ogut) yang dikenal sebagai konten kreator, owner bisnis, dan mentor konten dari akun Instagram @contentacademy.id.
Hal lainnya, Aldio Ogut ini kerap membagikan tips dan trik meraih cuan melalui media sosial, dan cara mengemas konten menjadi lebih menarik.
Sejauh ini, ia sudah memiliki 2000 lebih member dengan anak didiknya yang juga sukses, seperti Ezra Alfatah, Aditya Pramana, hingga Alpha Works ID.
Selama menjadi mentor, Aldio Ogut membedah studi kasus media sosial Instagram dengan memberikan kritik, dan saran sesuai niche masing-masing.
"Dengan pendekatan sebagai seorang teman yang asik untuk diajak ngobrol soal algoritma media sosial. Maka orang-orang yang membeli kelas menjadi akrab dengan mudah," kata Abang Ogut.
Di samping itu, media sosial tidak pernah lepas dari jumlah followers baik makro atau mikro influencer, hingga publik figur.
Sebab, followers dapat membantu meningkatkan engagement, dan menyebarkan konten melalui algoritma yang sesuai dengan kebutuhan audience centric, demografi, wilayah, umur, hobi, gaji, hingga tempat tinggal.
Meningkatkan jumlah pengikut di media sosial khususnya di Instagram, merupakan tantangan bagi banyak konten kreator.
Namun, Muda Cuma Sekali ini yang merupakan seorang kreator sekaligus edukator digital membagikan strategi efektif untuk mencapai 10.000 followers Instagram dalam waktu 30 hari.
Dalam video di kanal YouTube yang berjudul 'Cara Dapet 10K Followers Dalam 30 Hari', Bang Ogut alias Muda Cuma Sekali menekankan pentingnya konsistensi dalam mengunggah konten, dan memahami audiens target.
Berikut Langkah-Langkah Strategisnya:
1. Pahami Audiens Target: Identifikasi siapa yang ingin Anda jangkau dan sesuaikan konten dengan minat mereka.
2. Buat Konten Berkualitas: Pastikan setiap postingan memiliki nilai tambah, baik berupa informasi, hiburan, atau inspirasi.
3. Gunakan Hashtag yang Relevan: Memanfaatkan hashtag yang tepat dapat meningkatkan visibilitas konten Anda.
4. Interaksi dengan Pengikut: Tanggapi komentar dan pesan untuk membangun komunitas yang loyal.
5. Analisis dan Evaluasi: Gunakan fitur analitik untuk memahami performa konten dan melakukan penyesuaian strategi.
Dalam hal ini, konten kreator baik makro atau mikro influencer yang sudah mencapai 10.000 followers dalam sebulan, bukan hal yang mustahil jika Anda menerapkan strategi yang tepat dan konsisten.
Dengan memahami audiens, menghasilkan konten berkualitas, dan aktif berinteraksi, pertumbuhan pengikut dapat tercapai secara organik. (*)