SOKOGURU - OpenAI sebagai pengembang asisten virtual berbasis kecerdasan buatan bernama Chat, pada 29 April 2025 lalu.
Perusahaan teknologi itu mengumumkan informasi ini melalui platform media sosial X, jika ChatGPT kini dilengkapi dengan fitur link belanja dari hasil pencarian.
Fitur ini digulirkan secara global, sehingga pengguna di Indonesia sudah bisa mencoba mengaksesnya di berbagai model ChatGPT, yakni GPT-4o, ChatGPT Pro, Plus, Free, serta pengguna yang tidak login ketika menggunakan chatbot tersebut
Apa yang baru?
Dengan pembaruan ini, pengguna yang mencari produk melalui ChatGPT akan disuguhkan dengan product card yang berisi gambar, harga, rating bintang, hingga ulasan dalam format yang lebih mudah dibaca.
Misalnya, ketika pengguna membutuhkan rekomendasi pilihan suatu produk dengan spesifikasi tertentu lalu memasukkan prompt pertanyaan ke ChatGPT.
Maka responnya akan berupa rekomendasi yang sesuai, dan dilengkapi dengan link toko online yang menjualnya.
Rekomendasi produk yang dimunculkan oleh ChatGPT bukanlah iklan, melainkan murni hasil penelusuran dan penilaian dari mesin AI ChatGPT yang menjawab pertanyaan pengguna
OpenAI mengonfirmasi, informasi produk didasarkan pada metadata terstruktur dari pihak ketiga, seperti harga, deskripsi, dan ulasan tanpa mendapatkan komisi ataupun imbalan dari pembelian yang dilakukan lewat ChatGPT.
Baca Juga:
Masih Belum Maksimal
Namun, mungkin untuk saat awal-awal ini hasilnya belum maksimal dan belum tentu semua produk lokal Indonesia langsung tampil.
Hal ini dikarenakan masih banyak merchant online store di Indonesia yang belum mengoptimasi situsnya untuk dapat di crawl, atau dibaca oleh robot crawler milik ChatGPT bernama OAI Search BOT.
Cara Optimasi Usaha Anda
Jika Anda adalah pemilik toko atau merchant yang ingin produknya muncul dalam hasil pencarian ChatGPT, OpenAI menyediakan panduan resmi yang dapat membantu Anda di halaman berikut:
https://openai.com/chatgpt/search-product-discovery
Halaman tersebut menjelaskan cara agar situs dapat diakses oleh OAI-SearchBot, dan bagaimana mendaftarkan minat untuk mengirimkan feed produk langsung ke ChatGPT guna memastikan listing yang lebih akurat dan terkini.
Dengan mengikuti panduan ini, visibilitas produk dapat meningkat di platform ChatGPT dan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial melalui fitur pencarian berbasis AI. (*)