Soko Tekno

6 Tips Manfaatkan Facebook Ads, Cara Mudah Raup Cuan untuk Pelaku Usaha Pemula

Facebook Ads memberikan kemudahan untuk beriklan dengan biaya terjangkau. Dan berikut adalah beberapa langkah untuk pemula dalam menggunakan Facebook Ads.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Bandhu Manhistha Purwono Nugroho  | Sokoguru.Id
09 Mei 2025
<p>Ilustrasi logo Facebook. Facebook mengembangkan layanan iklan Facebook Ads untuk mempromosikan bisnis secara digital. (Foto: Freepik).</p>

Ilustrasi logo Facebook. Facebook mengembangkan layanan iklan Facebook Ads untuk mempromosikan bisnis secara digital. (Foto: Freepik).

SOKOGURU - Dalam menjalankan bisnis, beriklan adalah salah satu solusi dan strategi untuk mendapatkan keuntungan berkali lipat. 

Di era digitalisasi seperti sekarang, kehadiran beberapa platform untuk beriklan membuat umkm atau pelaku usaha kian dimudahkan untuk memilih jenis promosi secara digital.

Facebook Ads adalah salah satu platform yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis untuk beriklan dengan potensi revenue berkali lipat dari biaya yang dikeluarkan. 

Ketersediaan data yang besar hingga terjangkaunya biaya dalam beriklan membuat Facebook Ads menjadi pilihan favorit para pelaku usaha ketika mulai beriklan.

Sebagaimana dilansir dari kanal YouTube Ben Heath, Jumat (9/5), berikut ini beberapa hal yang harus dipahami untuk mulai beriklan di Facebook Ads.

1. Buka Halaman Facebook Ads

Pertama silakan login ke akun Facebook dari bisnis Anda, kemudian buka halaman Facebook Ads.

2. Pilih Menu Pembuatan Iklan Terpadu

Pada halaman Facebook terdapat menu halaman kampanye. Masuk ke halaman tersebut dan lihat beberapa pilihan yang tersedia, seperti pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat. Kemudian, pilih menu pembuatan iklan terpadu.

3. Pilih Tujuan Iklan

Selanjutnya silahkan pilih tujuan iklan atau kampanye Anda. Beberapa tujuan yang bisa dipilih antara lain brand awareness, traffic ke website, jangkauan luas hingga peningkatan konversi.

Baca Juga:

4. Tentukan Jenis Iklan Facebook

Pada halaman Facebook, tersedia dua pilihan jenis iklan seperti iklan uji split hingga pengoptimalan anggaran. Silakan pilih salah satu dari dua jenis iklan ini, karena keduanya tidak bisa dijalankan di waktu bersamaan.

5. Penulisan Nama Iklan dan Pemilihan Tujuan Trafik

Setiap pemasangan iklan atau saat menjalankan kampanye diperlukan adanya pemberian nama untuk memudahkan ketika memantau analisis dari iklan. 

Selanjutnya, jangan lupa menentuka tujuan traffic. Tujuan traffic atau kunjungan audience ini bisa diarahkan ke salah satu kanal media sosial yang bisnis Anda miliki.

6. Pilih Metode Pembayaran

Setelah melakukan semua step, langkah selanjutnya yang wajib dilakukan adalah melakukan pembayaran. 

Sebelumnya, Anda wajib melakukan top-up pada akun Facebook Ads yang nanti akan dilakukan pengurangan saldo secara otomatis dari top-up tersebut. 

Pembayaran iklan bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, debit, atau aplikasi pembayaran dari pihak ketiga.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh pemula yang ingin beriklan di Facebook Ads. 

Sebelum memulai, pastikan materi iklan dari Facebook Ads cukup menarik target pasar agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia dan keuntungan yang didapatkan dari beriklan bisa berkali lipat. (*)