SOKOGURU - Pemerintah secara resmi telah meluncurkan sebuah program paket stimulus ekonomi, yang disebut Bantuan Langsung Tunai Kesejahteraan Rakyat (BLT Kesra).
Inisiatif program ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli di tingkat masyarakat, sekaligus memperkuat laju pertumbuhan ekonomi nasional.
Program strategis ini dijadwalkan mulai disalurkan selama periode tiga bulan, mulai dari Oktober hingga Desember 2025.
Untuk proses pencairan dana BLT Kesra 2025 senilai Rp900 ribu sudah dimulai sejak 20 Oktober 2025 lalu, dan dilakukan secara bertahap.
Sasaran dan Jangkauan Bantuan
Total penerima manfaat untuk program BLT Kesra ini mencapai angka yang signifikan, yakni lebih dari 35 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Jumlah ini bahkan tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan penyaluran BLT di periode sebelumnya.
Bantuan ini secara spesifik menargetkan kelompok masyarakat yang berada pada desil 1-4, yang datanya bersumber dari Data Tunggal Sosial Ekonomi Nasional (DTSEN).
Mekanisme dan Jadwal Pencairan BLT Kesra 2025
Penyaluran dana BLT Kesra akan dilakukan melalui dua jalur utama, untuk memastikan efisiensi dan jangkauan penerimanya.
1. Bank Himbara: Untuk 18,3 juta keluarga, penyaluran akan dimulai pada minggu depan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).
2. PT Pos Indonesia: Sementara itu, untuk 17,2 juta keluarga lainnya, dana akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia, dimulai pada Senin depan.
Cara Cek Status Penerima BLT Kesra November 2025
Bagi Anda yang ingin memastikan status sebagai penerima BLT Kesra untuk bulan November 2025, terdapat dua metode resmi yang dapat Anda gunakan: melalui situs web resmi cek bansos Kemensos atau melalui Aplikasi Cek Bansos.
1. Cek Status Melalui Laman Resmi Kemensos
- Akses situs resmi Kemensos melalui tautan: https://cekbansos.kemensos.go.id/
- Isi data lokasi tempat tinggal Anda secara lengkap, meliputi Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.
- Masukkan nama lengkap Anda sesuai dengan yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).
- Ketik ulang kode captcha yang ditampilkan di layar dengan benar.
- Klik tombol “Cari Data”.
Jika Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda terdaftar sebagai penerima, sebuah tabel akan muncul, menampilkan informasi status penerima, keterangan, dan periode pemberian bantuan.
2. Cek Status Melalui Aplikasi Cek Bansos
- Unduh dan instal Aplikasi Cek Bansos dari Play Store di ponsel Anda.
- Pilih menu “Buat Akun” jika Anda adalah pengguna baru.
- Lengkapi seluruh data diri yang diminta, termasuk NIK, alamat, email, dan buatlah kata sandi (password).
- Unggah foto KTP dan lakukan swafoto (selfie).
- Klik “Buat Akun Baru”, lalu ikuti proses verifikasi email jika diminta.
Setelah berhasil masuk (login), buka menu Profil. Informasi mengenai jenis bantuan yang Anda terima akan otomatis ditampilkan di sana. (*)