WAKIL Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo memberikan apresiasi tinggi terhadap acara "Semasa Piknik" yang berhasil mewadahi generasi muda untuk berkarya sekaligus mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Dalam kunjungannya ke acara yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta, Angela menyoroti potensi besar kegiatan ini dalam menarik wisatawan dengan menawarkan pengalaman outdoor yang unik.
"Dengan adanya kegiatan luar ruang seperti ini, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan aktivitas wisata. Pada tahun ketujuh ini, kami berharap 'Semasa Piknik' bisa digelar di kota-kota lain, bukan hanya di Jakarta," ujar Angela sebagaimana dilansir situs Kemenparekraf, Minggu (2/6).
Baca juga: Pameran Deep and Extreme Indonesia 2024 Dorong Kebangkitan Wisata Minat Khusus
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo saat menghadiri "Semasa Piknik" di Lapangan Banteng, Jakarta, pada Jumat (31/5/24).
Semasa Piknik, yang diinisiasi oleh Semasa dan diselenggarakan dengan kolaborasi utama dari Citra, menjadi ajang tahunan yang sangat dinantikan warga Jakarta.
Hadirkan 60 Jenama dan 20 UMKM Pemenang Piala Piala Citrapreneur
Acara ini berlangsung dari 31 Mei hingga 2 Juni 2024, menghadirkan lebih dari 60 jenama makanan dan minuman di Semasa Food Market, serta 140 jenama di Semasa Creative Market, termasuk 20 UMKM pemenang kompetisi Piala Citrapreneur.
Pengalaman yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Interactive Photobooth, Live Painting, Tunnel Experience, hingga Free Product Dispenser dan berbagai kompetisi.
Semasa Piknik tidak hanya menjadi ajang rekreasi, tetapi juga menjadi platform untuk mempromosikan produk-produk kreatif lokal.
Baca juga: Indonesia Raih Predikat "Top Muslim Friendly Destination of The Year 2024"
Angela menyoroti pentingnya potensi ekonomi kreatif yang ditawarkan oleh acara ini, terutama dengan terlibatnya UMKM yang menggunakan bahan-bahan berkelanjutan dan daur ulang.
"Luar biasa bahwa ada beberapa UMKM yang menggunakan sustainable materials atau daur ulang sampai menjadi produk ekonomi kreatif ikut terlibat di sini," katanya.
"Adapun brand yang telah saya follow yaitu Noesa yang mendukung ibu-ibu berperan aktif di industri ekraf ini dan menjadikan ini sebagai salah satu brand favorit saya," kata Angela.
Acara ini juga menampilkan banyak pelaku UMKM perempuan dari berbagai bidang seperti fesyen, kriya, dan kuliner, yang diharapkan dapat menginspirasi perempuan lainnya untuk menjadi yang terbaik di bidang mereka.
Kehadiran pelaku UMKM perempuan generasi muda ini menunjukkan bahwa sektor ekonomi kreatif mampu menjadi ruang yang inklusif dan mendukung pemberdayaan perempuan.
Baca juga: Sandiaga Uno Apresiasi Festival Semarapura Masuk Karisma Event Nusantara (KEN) 2024
Semasa Piknik telah masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 dari Kemenparekraf dan berhasil menembus 10 event terbaik.
Ini membuktikan bahwa acara ini tidak hanya populer tetapi juga diakui kualitasnya dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata.
Dengan hadirnya Wamenparekraf bersama Direktur Pemasaran Nusantara, Dwi Marhen Yono, dan Co-Founder Semasa, Gunawan Lo, acara ini semakin mempertegas komitmen Kemenparekraf dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.
Diharapkan, kegiatan seperti Semasa Piknik akan terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat. (SG-2)