Soko Berita

Hari Konsumen Nasional 2025 Wujudkan Konsumen Cerdas Bertransaksi Digital

Ekosistem yang harus tercipta adalah kolaborasi antara konsumen, pelaku usaha, dan pemerintah. Jika konsumen, cerdas, pelaku usaha tingkatkan kualitas produk.

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
20 April 2025
<p>Menteri Perdagangan, Budi Santoso menghadiri Aksi Konsumen Cerdas Indonesia yang berlangsung di Sarinah, Jakarta, Minggu ,20 April 2025. Aksi tersebut bertepatan dengan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2025. (Dok. Kemendag)</p>

Menteri Perdagangan, Budi Santoso menghadiri Aksi Konsumen Cerdas Indonesia yang berlangsung di Sarinah, Jakarta, Minggu ,20 April 2025. Aksi tersebut bertepatan dengan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2025. (Dok. Kemendag)

SOKOGURU, JAKARTA- Untuk ke-13 kalinya, Indonesia memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas), sejak diputuskan oleh Presiden Jokowi pada 2012.

Peringatan Harkonas 2025 dirayakan lewat acara  Aksi Konsumen Cerdas Indonesia yang dipimpin langsung oleh Menteri Perdagangan Budi Santoso di Anjungan Sarinah, Jakarta, Minggu, 20 April 2025. 

Acara yang mengusung subtema Gerakan Komitmen Bersama Wujudkan Konsumen Berdaya itu diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Baca juga: Sambut Hari Konsumen Nasional, KKP Ajak Masyarakat Pilih Produk Perikanan Berkualitas dan Aman

Tujuan dari subtema tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran, tanggung jawab, dan kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, konsumen, maupun pelaku usaha dalam mewujudkan konsumen Indonesia yang cerdas, berdaya, dan terlindungi. 

“Aksi Konsumen Cerdas Indonesia memberi momentum bagi Harkonas untuk menyampaikan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban konsumen, terutama di era digitalisasi,” ujar Mendag Budi Santoso, seperti dikutip siaran resmi Kemendag. 

Selain momentum untuk meningkatkan hak dan kewajiban konsumen, kecerdasan dan kemandirian konsumen, Harkonas juga menumbuhkan jiwa nasionalisme melalui penggunaan produk dalam negeri. 

“Kemendag berupaya agar konsumen merasa peduli, aman, terlindungi, dan tetap didengar di tengah derasnya arus digitalisasi,” jimbuh Mendag Busan, sapaan akrab Budi Santoso.

Baca juga: Lindungi Konsumen, Bapanas Perketat Penggunaan Bahan Tambahan Pangan pada Buah dan Sayur Segar

Lebih lanjut, Mendag Busan mengatakan, pihaknya bersama kementerian dan lembaga lainnya mendorong penguatan edukasi digital, kolaborasi dengan platform niaga elektronik (e-commerce), layanan pengaduan konsumen yang cepat, dan regulasi yang adaptif dengan perkembangan zaman. 

Adapun rangkaian kegiatan Aksi Konsumen Cerdas Indonesia kali ini diisi beragam pertunjukan, yaitu seni musik (band) dan seni teatrikal (performing art); gelar wicara (talkshow) bersama perwakilan Bank Indonesia, Abang None Jakarta, VP Group Head QAQC Merek Kopi Kenangan; serta komedi tunggal (stand up comedy).

Mendag Busan menambahkan, rangkaian kegiatan pada Aksi Konsumen Cerdas Indonesia itu menyasar generasi muda. Sebabnya, generasi muda telah menjadi konsumen yang mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen, kritis, serta turut aktif memberikan informasi mengenai perlindungan konsumen.

Baca juga: Lindungi Konsumen, Bank Indonesia Luncurkan Geber PK Tematik Ramadan 2025

“Generasi muda Indonesia telah banyak mengakses media untuk mendapat informasi dengan mudah sehingga lebih mengetahui hak dan kewajibannya. Berdasarkan hasil survei 2024, indeks keberdayaan konsumen (IKK) Indonesia berada pada tingkat kritis dengan indeks nilai 60,11,” ujar Busan.

Artinya, sambungnya, konsumen Indonesia berperan aktif memperjuangkan hak dan melaksanakan kewajibannya, serta mengutamakan produk dalam negeri. 

 

Dok. Kemendag

 

Kemendag, ujarnya, optimistis tingkat keberdayaan konsumen dapat naik menjadi berdaya ke depannya. 

Peringatan Harkonas 2025 Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional, 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional. 

Mendag Busan menegaskan tiga komponen yang harus berjalan dengan baik, yaitu konsumen, pelaku usaha, dan pemerintah. 

Jika konsumennya maju, cerdas, mengetahui hak dan kewajiban mereka, pelaku usaha akan meningkatkan kualitas produknya; dan pemerintah memenuhi hak-hak regulasinya. 

“Ketiga ekosistem tersebut harus berkolaborasi agar berjalan dengan baik,” kata Mendag Busan.

Harkonas 2024 hingga 2029 mengangkat tema Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Emas. 

Mendag Busan berharap, Indonesia pada 2045 menjadi negara Nusantara berdaulat, maju, berkelanjutan, dan menjadi kekuatan ekonomi lima besar di dunia. 

Ia menegaskan, kementeriannya telah melakukan berbagai upaya dalam melindungi konsumen di Indonesia, di antaranya melalui edukasi bersama dengan universitas dan lembaga. 

Tujuannya, untuk mendorong agar konsumen menjadi kritis terhadap hak-haknya, kemudian menyinergikan konsumen bersama pelaku usaha dan pemerintah untuk berjalan bersama. 

Sementara itu, Direktur Jenderal PKTN, Moga Simatupang, mengungkapkan, konsumen yang cerdas adalah konsumen yang mengetahui hak-hak konsumen, khususnya dalam memilih dan mendapatkan barang yang dijanjikan penjual. 

Kemendag, lanjutnya,  juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan indeks keberdayaan konsumen Indonesia.

Adapaun puncak peringatan Harkonas 2025 akan diselenggarakan pada 18 Mei 2025 mendatang dalam bentuk lomba Harkonas 5K, lomba mewarnai dan menggambar, skateboarding, live music, games, door prize, stan instansi/perusahaan, bazar UMKM, edukasi konsumen cerdas, dan konsultasi pengaduan konsumen.(SG-1)