CIMAHI kini tidak hanya dikenal sebagai “Creative Cyber City,” tetapi juga sebagai tempat lahirnya Ayena Studio, sebuah perusahaan animasi yang dibangun anak-anak muda.
Berdiri sejak Februari 2015, Ayena Studio yang dipimpin oleh Robby UL Pratama, saat itu masih berusia 22 tahun, telah membuktikan bahwa kreativitas dan inovasi dapat membawa perusahaan ini melangkah jauh, bahkan ke panggung global.
Dalam ajang bergengsi “5th Connecti:City 2024 - Creative Diplomacy” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ayena Studio menjadi salah satu peserta yang mencuri perhatian.
Baca juga: Level Up Gamification Inovasi dari Agate untuk Bisnis Modern Hadir di Pameran
Acara yang berlangsung pada 22-24 Agustus 2024 di Gedung Sate, Bandung, ini merupakan bagian dari perayaan West Java Festival 2024 dan HUT ke-79 Jawa Barat.
Dengan tema "Creative Diplomacy: The Role of Creative in Driving Impactful Regional Development," acara ini menegaskan komitmen Jawa Barat dalam mendorong sektor ekonomi kreatif.
Robby UL Pratama, CEO Ayena Studio, dengan bangga menjelaskan perjalanan perusahaannya yang berawal dari Cimahi, sebuah kota yang dikenal dengan inovasi dan kreativitasnya.
"Ayena Studio bergerak di bidang animasi, videografi, film, dan layanan konten digital. Kami berkomitmen untuk menghasilkan karya berkualitas yang dapat bersaing di pasar global," ujar Robby kepada Sokoguru.id. di Gedung Sate, Bandung, Kamis (22/8).
Meski dibangun oleh anak-anak muda, Ayena Studio tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang pesat.
Baca juga: COFEX 2024 Dorong Ekraf Melalui Aplikasi, Game, dan Animasi di Jabar
Mereka telah berhasil menggarap berbagai proyek penting, termasuk pembuatan profil perusahaan untuk Puskim (Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman) Kementerian PUPR, video keselamatan kerja, hingga kampanye literasi digital bersama Kemenkominfo.
Bahkan, Ayena Studio juga memproduksi sejumlah film animasi untuk Indonesiana TV melalui Badan Bahasa Kemendikbudristek.
Budaya kerja di Ayena Studio, yang disebut KREATIP—singkatan dari Kreatif, Aktif, Inovatif, dan Produktif—menjadi salah satu kunci kesuksesan mereka.
“Kami berharap budaya kerja ini terus menghasilkan karya-karya berkualitas dan menjadikan Ayena Studio sebagai perusahaan unggul di industri kreatif,” kata Robby.
Baca juga: Pj Gubernur Bey Machmudin: Jabar Siap Jadi Pusat Diplomasi Ekonomi Kreatif Indonesia
Kini, Ayena Studio tidak hanya ingin menjadi yang terbaik di Tanah Air, tetapi juga siap menembus pasar internasional.
Dengan tim yang kreatif, inovatif, dan profesional, mereka optimistis bisa meraih proyek-proyek besar di berbagai negara, termasuk Australia, Malaysia, Kanada, Amerika Serikat, Ekuador, Swedia, Yunani, Polandia, India, dan Romania.
“Kami percaya bahwa Ayena Studio siap bersaing di pasar global. Dengan pengalaman dan kreativitas yang kami miliki, kami yakin dapat membawa nama Indonesia ke kancah internasional,” pungkas Robby dengan penuh semangat. (Deri Dahuri/SG-1)