Humaniora

UMKM di Bangka Belitung Didorong Manfaatkan Digital Marketing untuk Tingkatkan Penjualan

Pada situasi saat ini, pelaku UMKM dituntut untuk dapat terus berproduksi dan berpromosi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

By Fajar Ramadan  | Sokoguru.Id
26 Maret 2024
dok. HO/Provinsi Babel

PELAKU Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bangka Belitung didorong untuk memanfaatkan digital marketing dalam meningkatkan penjualan.

 

Demikian disampaikan Plt. Kadis Koperasi dan UKM (KUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Aryani saat membuka pelatihan digital marketing angkatan I secara daring, seperti dilansir kukm.babelprov.go.id, Senin (25/3).

 

"Pada situasi saat ini, pelaku UMKM dituntut untuk dapat terus berproduksi dan berpromosi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. 

 

Baca juga: 500 UMKM Terpilih Mengikuti Riset Pasar dalam Bootcamp bjbPreneur 2024

 

Salah satu cara yang cukup efektif dan menarik minat pelanggan adalah melakukan pemasaran berbasis online atau lebih dikenal dengan sebutan digital marketing," kata Riza.

 

Pelatihan digital marketing angkatan I ini diikuti puluhan pelaku UMKM dan akan berlangsung hingga tanggal 28 Maret 2024.

 

Plt. Kadis KUKM menjelaskan, digital marketing adalah sebuah produk teknologi informasi dimana berupa kegiatan mempromosikan produk atau jasa melalui media internet mulai dari yang masih bersifat sederhana seperti Facebook, WhatsApp, dan lain-lain. 

 

Baca Juga: Webinar bjbPreneur 2024 Kupas Strategi Branding dan Pemasaran yang Efektif bagi UMKM

 

Selain itu ada juga aplikasi lainnya dengan memberikan jaminan kemudahan kepada pelanggan untuk mendapatkan produk atau jasa.

 

"Digital marketing itu yakni kegiatan mempromosikan produk atau jasa melalui internet sehingga pelaku usaha bisa memasarkan produknya seluas-luasnya dan memberikan kemudahan kepada pelangga untuk mendapatkan produk yang ditawarkan," ujarnya.

 

Baca Juga: bank bjb Luncurkan Program 'bjbpreneur 2024' untuk Majukan Wirausaha di Indonesia

 

Plt. Kadis KUKM berharap pelatihan ini disamping dapat meningkatkan tali silaturahmi diantara pelaku usaha, pelatihan ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM dalam memanfaatkan perangkat digital dalam melakukan pemasaran dengan cara yang sederhana, mudah, dan murah. (SG-3