Humaniora

Telkom Berkomitmen Dorong Perluasan Penggunaan AI di Tanah Air

Telkom berfokus pada pengembangan AI untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, baik di dalam maupun luar perusahaan.

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
11 Juli 2024
Ilustrasi Artificial Intelligence. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah menunjukkan potensi besar dalam berbagai sektor di Indonesia. (Ist/scientechdaily.com)

DALAM era digital yang semakin maju, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah menunjukkan potensi besar dalam berbagai sektor di Indonesia. 

 

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), sebagai perusahaan digital telco terkemuka, berkomitmen untuk mengembangkan dan memperluas penggunaan AI demi kemajuan bangsa.


Telkom berfokus pada pengembangan AI untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, baik di dalam maupun luar perusahaan. Inovasi ini bertujuan untuk mendukung bisnis yang ada serta membuka peluang baru. 

 

Baca juga: Sebanyak 198 Startup Indonesia Sudah Gunakan Artificial Intelligence (AI)

 

Komitmen ini selaras dengan rekomendasi Indonesia Digital Society Forum (IDSF), yang mendorong pengembangan infrastruktur AI, seperti pusat data yang aman, jaringan internet cepat, dan platform cloud yang efisien.

 

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang relevan dengan kebutuhan berbagai sektor, termasuk pengembangan solusi dengan menerapkan teknologi AI,”  jelas Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom,

 

“Saat ini, kami telah memiliki infrastruktur pusat data AI yang dijamin keamanannya,” jelas Komang sebagaimana dikutip situs BUMN, Rabu (10/7).

 

Pernyataan Komang disampaikan dalam webinar “Discover the Latest AI-Driven Business Performance Insights and Best Practices in Unleashing the Power of Data and Intelligence” yang digelar IDSF di Jakarta, baru-baru ini.

 

Baca juga: Upaya Proaktif Pemprov DKI Jakarta Mendongkrak UMKM Melalui Digitalisasi

 

Produk AI Unggulan: BigVision dan Bizy

 

Salah satu produk unggulan dari Leap-Telkom Digital adalah BigBox, yang dilengkapi fitur BigVision. 

 

Teknologi ini mampu menganalisis dan mengidentifikasi kerumunan orang dalam area tertentu, menghitung jumlah orang, serta mengidentifikasi pola perilaku. 

 

BigVision sangat bermanfaat bagi perusahaan yang ingin memahami perilaku karyawan atau orang di ruang umum seperti sekolah, bandara, terminal, dan stasiun.

 

Selain BigVision, Telkom juga mengembangkan chatbot bernama Bizy dalam ekosistem myIndibiz. 

 

Bantu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia 

 

Bizy membantu UKM di Indonesia mendapatkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan produk dan layanan digital. 

 

Chatbot ini memberikan layanan yang dipersonalisasi dan interaktif, sehingga solusi yang diberikan lebih tepat sasaran. 

 

Baca juga: Digitalisasi: Pilar Utama dalam Meningkatkan Keberlanjutan UMKM

 

Bizy juga menghasilkan data berharga tentang perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan, yang berguna untuk perbaikan produk dan strategi pemasaran.

 

Penggunaan Bizy telah terbukti meningkatkan efisiensi operasional Telkom hingga 74,2% melalui otomatisasi. 

 

Biaya operasional pemasaran pun berkurang signifikan, memungkinkan perusahaan untuk lebih hemat tanpa mengorbankan kualitas pelayanan.

 

Inovasi AI Lainnya dari Telkom

 

Telkom terus mengembangkan berbagai solusi AI lainnya, seperti BigAssistant, yang membantu pengguna mengelola dan menyediakan informasi melalui interaksi percakapan seperti chatbot

 

Sistem ini menggabungkan teknologi chatbot dengan manajemen pengetahuan untuk memberikan jawaban yang kontekstual dan relevan sesuai kebutuhan pengguna.

 

Berbagai produk unggulan lainnya dari Leap-Telkom Digital juga telah dilengkapi dengan AI untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan. 

 

Inovasi ini menunjukkan komitmen Telkom dalam mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

 

Dengan dedikasi tinggi untuk mengembangkan AI, Telkom terus berupaya memberikan solusi terbaik bagi berbagai sektor di Indonesia.

 

 Upaya ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tetapi juga membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk dan layanan digital Telkom, kunjungi [Leap-Telkom Digital] (https://leap.digitalbisa.id/our-product). (SG-2)