Ekonomi

Solo Great Sale 2024 Turut Gerakan Roda Ekonomi Kota Surakarta

Menparekraf Sandiaga Uno juga mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Surakarta untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi dalam memperkuat branding Solo sebagai kota budaya. 

By Kang Deri  | Sokoguru.Id
03 Juni 2024
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menutup secara resmi event "Solo Great Sale 2024", Halaman Balai Kota Surakarta, Minggu (2/6/2024).

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno resmi menutup event "Solo Great Sale 2024" pada Minggu (2/6). 

 

Acara ini diharapkan dapat semakin menggerakkan roda ekonomi di Kota Surakarta, terutama melalui sektor wisata belanja.

 

Sepuluh Tahun Solo Great Sale

 

Solo Great Sale (SGS) 2024 yang telah memasuki penyelenggaraan ke-10, menawarkan kesempatan luar biasa bagi wisatawan untuk menikmati berbelanja sepuasnya di Kota Solo. 

 

Baca juga: Sinergi Kemenparekraf dan Basarnas: Tingkatkan Keamanan Wisata Bahari Labuan Bajohttps://sokoguru.id/pariwisata/sinergi-kemenparekraf-dan-basarnas-tingkatkan-keamanan-wisata-bahari-labuan-bajo

 

Event yang berlangsung sejak 5 Mei 2024 ini menghadirkan beragam produk menarik dengan penawaran dan diskon spesial.

 

Ragam Produk dan Destinasi Wisata

 

Para wisatawan dapat menikmati berbagai produk, mulai dari wisata kuliner khas Solo, barang-barang elektronik di pusat perbelanjaan, hingga tempat-tempat wisata yang unik dan khas. 

 

Selain itu, terdapat berbagai pilihan penginapan dan alat transportasi untuk menjelajahi keindahan Kota Solo. 

 

Baca juga: Kemenparekraf Dukung Peragaan Kain Tenun dan Batik Mendunia di Italia

 

Paket wisata juga ditawarkan untuk memudahkan wisatawan menikmati momen Solo Great Sale dengan lebih praktis dan nyaman.

 

Dampak Ekonomi yang Diharapkan

 

Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa dampak ekonomi dari event ini akan dihitung oleh tim kajian. 

 

"Kami harapkan kegiatan ini dapat mendukung pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara serta penciptaan 4,4 juta lapangan kerja," ujar Sandiaga.

 

Penghargaan dan Inovasi

 

Dalam sambutannya, Sandiaga mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Surakarta untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi dalam memperkuat branding Solo sebagai kota budaya. 

 

Kota Solo telah mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai creative cities network, dan Menparekraf juga berupaya mendorong Solo sebagai UNESCO Creative Cities of Gastronomy.

 

"Penetapan sebagai kota gastronomy akan memberikan dampak besar bagi Solo, mengingat kota ini memiliki beragam kuliner khas yang sangat diminati wisatawan," tambah Sandiaga. 

 

Menurutnya, sekitar 63% wisatawan berwisata untuk alasan kuliner, dan Solo dapat menjadi destinasi utama bagi mereka.

 

Dukungan Penuh dari Pemerintah Kota Solo

 

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan dukungannya terhadap rencana Menparekraf Sandiaga untuk menjadikan Solo sebagai UNESCO Creative Cities of Gastronomy. 

 

Baca juga: Target Tumbuhkan 120 Startup Tahun ini, Kemenparekraf Gelar BEKUP di Surakarta

 

"Kami banyak berbicara tentang kuliner yang memiliki sejarah panjang dan makna khusus, dan ini akan kami tindak lanjuti ke depan," ujar Gibran.

 

Penutupan yang Meriah

 

Penutupan Solo Great Sale 2024 turut dihadiri oleh Ketua Kadin Surakarta, Fery Indrianto, dan Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa. 

 

Menparekraf Sandiaga juga didampingi oleh Deputi Bidang Manajemen Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizky Handayani; Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf, Syaifullah; serta Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Agustin Peranginangin.

 

Event Solo Great Sale 2024 sukses membawa semangat baru bagi perekonomian dan pariwisata Kota Solo. 

 

Dengan kolaborasi dan inovasi yang terus berjalan, diharapkan Solo akan semakin dikenal sebagai kota budaya dan surga kuliner, menarik minat wisatawan dari berbagai penjuru dunia. (SG-2)