USAHA mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus menjadi tulang punggung ekonomi nasional dengan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan lapangan kerja.
Untuk memperkuat peran UMKM, Kementerian BUMN melalui Rumah BUMN menghadirkan program pelatihan, fasilitasi bisnis, serta akses ke pasar yang lebih luas.
Salah satu contoh sukses program ini adalah Rumah BUMN BRI Pekalongan yang telah mendampingi lebih dari 1.000 UMKM, tidak hanya dalam sektor batik, tetapi juga produk lain seperti tenun, kerajinan tangan, dan kuliner khas daerah.
Baca juga: BRI Berpotensi Kehilangan Rp 2,5 Triliun, Penghapusan Kredit Macet UMKM Dimulai
Produk seperti Snack Mak Juara dan Mara Collection pun berhasil menembus pasar lebih luas berkat pendampingan yang diberikan.
BRI Terus Dorong UMKM Naik Kelas
"Kami mendampingi UMKM dari tahap awal hingga mereka mampu naik kelas melalui berbagai pelatihan dan program," ujar Noviyanti, fasilitator Rumah BUMN BRI Pekalongan sebagaimana dikutip situs BRI, baru-baru ini.
Setiap bulan, mereka mengadakan hingga 20 pelatihan dengan materi seperti digital marketing, legalitas usaha, manajemen operasional, hingga public speaking.
Tak hanya soal keterampilan, Rumah BUMN BRI juga memfasilitasi UMKM untuk tampil di berbagai pameran dan business matching.
Baca juga: Penghapusan Utang UMKM Dimulai Januari 2025, Ini Kriterianya
Bahkan, 15 UMKM Pekalongan akan berpartisipasi dalam BRI UMKM Expo(RT) di akhir tahun ini, sebuah ajang strategis untuk memperkenalkan produk ke calon pembeli lebih luas.
Rumah BUMN Jadi Pusat Pengembangan Kapasitas Pelaku UMKM.
Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, menegaskan bahwa Rumah BUMN bukan sekadar tempat berkumpul, tetapi pusat pengembangan kapasitas pelaku usaha.
"Keberadaan Rumah BUMN sangat efektif dalam memberdayakan UMKM dan membantu mereka naik kelas," ujarnya.
Baca juga: DPR Desak OJK Permudah Akses Kredit dan Bimbingan bagi UMKM
Hingga September 2024, BRI telah mendirikan 54 Rumah BUMN di berbagai wilayah, membina lebih dari 457 ribu UMKM, dan menyelenggarakan 14 ribu pelatihan.
Dengan pencapaian ini, Rumah BUMN BRI semakin mempertegas perannya sebagai katalis bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing di pasar global. (SG-2)