Ekonomi

Produk Unggulan Lombok Timur Kian Mendunia, UMKM Lokal Dapat Dukungan Penuh

Produk-produk andalan seperti ayam rarang, tenun ikat Pringgasela, hingga anyaman bambu dari Loyok menjadi simbol kekayaan budaya Lombok Timur yang kian dikenal luas. 

Pelakuk UMKM dari Lombok Timur, NTB, sukses memasarkan produknya hingga mancanegara. (Dok.bacakabar.id) 

KABUPATEN Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus menunjukkan kemajuan signifikan dalam mempromosikan produk-produk unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).. 

 

Berbagai karya UMKM lokal, mulai dari makanan khas hingga kerajinan tangan, kini tidak hanya diminati di pasar nasional tetapi juga berhasil menembus pasar internasional.

 

Produk-produk andalan seperti ayam rarang, tenun ikat Pringgasela, hingga anyaman bambu dari Loyok menjadi simbol kekayaan budaya Lombok Timur yang kian dikenal luas. 

 

Baca juga: Pemda Lombok Barat Didorong Lakukan Uji Petik Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif

 

Keberhasilan ini tidak lepas dari partisipasi aktif pelaku usaha dalam berbagai bazar dan pameran, didukung oleh kemajuan teknologi digital yang membuka peluang ekspansi pasar lebih besar.

 

Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Timur, M. Hirsan, menyatakan bahwa keterlibatan pelaku UMKM dalam kegiatan promosi seperti bazar telah berdampak langsung pada peningkatan pesanan produk mereka. 

 

Pemda Beri Pembinaan dan Pelatihan kepada UMKM

 

Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur juga berkomitmen memberikan dukungan penuh melalui pembinaan dan pelatihan untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM.

 

“Kami terus mendorong kemajuan UMKM, termasuk melalui berbagai pelatihan manajemen usaha dan pencatatan keuangan yang baik,” jelas Hirsan. 

 

Baca juga: Ansor Stokis, Langkah Strategis GP Ansor dan RMS untuk Dukung Rantai Pasok UMKM

 

“Banyak pelaku usaha yang belum memahami pentingnya pencatatan keuangan, sehingga pelatihan ini diharapkan dapat membantu mereka mengetahui apakah usaha mereka menguntungkan atau merugi,” ujar Hirsan, Minggu (8/12).

 

Selain pelatihan, pemerintah daerah juga memfasilitasi kemitraan antara UMKM dan ritel modern agar produk lokal lebih mudah diakses oleh konsumen. 

 

Pemanfaatan platform digital turut menjadi fokus utama dalam upaya ini, memungkinkan pelaku UMKM menjangkau pasar lebih luas, mengelola stok secara efisien, dan meningkatkan skala bisnis secara berkelanjutan.

 

Baca juga: DPR RI Dorong Pengembangan Desa Wisata dan UMKM di Sumatera Selatan

 

Produk-produk Lombok Timur kini semakin siap bersaing di pasar global, berkat kombinasi strategi pemasaran tradisional dan modern.

 

UMKM Didorong Lakukan Digitalisasi 

 

“Dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran dan pengelolaan usaha, pelaku UMKM diharapkan mampu berkembang pesat dan membawa nama Lombok Timur ke tingkat internasional,” tandas Hirsan.

 

Upaya kolaboratif ini mencerminkan komitmen Lombok Timur dalam memberdayakan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi daerah sekaligus mempromosikan warisan budaya lokal kepada dunia. (SG-2)