SOKOGURU, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung geliat ekonomi kreatif dan pariwisata.
Wakil Wali Kota Bandung, Erwin, memastikan bahwa pihaknya memberikan kemudahan perizinan bagi event-event besar yang berpotensi menarik wisatawan dan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Salah satunya adalah Bandung X Beauty 2025, yang resmi dibuka pada Jumat, 30 Mei 2025 di Trans Convention Center, Kota Bandung.
Event tahunan ini diprediksi menarik puluhan ribu pengunjung dari berbagai kota.
Baca juga: Kemenkop UKM Dorong X Beauty Jadi Agregator Pengembangan UMKM Kecantikan
“Kami memberikan dukungan penuh melalui kemudahan perizinan serta bantuan dari berbagai OPD. Kami tidak keluar biaya apapun, tapi manfaatnya luar biasa,” tegas Erwin saat membuka acara.
Ia menyampaikan rasa bangga terhadap antusiasme masyarakat, sekaligus mengapresiasi para penyelenggara event yang membawa dampak ekonomi besar bagi Kota Bandung.
Wakil Wali Kota Bandung membuka secara resmi Bandung X Beauty 2025 di Trans Convention Center, Kota Bandung, Jumat, 30 Mei 2025. (Dok. Pemkot Bandung)
“Acara seperti ini mampu menyedot ribuan wisatawan untuk datang ke Bandung. Ini jelas meningkatkan PAD. Mereka menginap, belanja, makan, dan semua itu berdampak langsung ke pajak daerah,” lanjut Erwin.
Dorong UMKM dan Ekonomi Kreatif
Tak hanya sektor pariwisata dan perhotelan, Erwin menekankan bahwa kehadiran Bandung X Beauty 2025 juga menjadi momentum penting bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal, khususnya yang bergerak di bidang kecantikan.
Erwin bahkan sedang merancang program konektivitas antara UMKM di 30 kecamatan dengan event besar semacam ini.
Baca juga: Sektor Fesyen dan Kecantikan Didorong Mampu Menginspirasi dan Kuasai Pasar Global.
“Saya yakin pelaku UMKM makin semangat karena bisa bekerja sesuai hobi, sekaligus merawat diri dan keluarganya,” ujar Erwin.
150+ Brand, Workshop & Beauty Icon Meriahkan Acara
Bandung X Beauty 2025 menjadi bagian dari rangkaian event Female Daily X Beauty yang sudah diselenggarakan sejak 2017.
Dok.Pemkot Bandung.
Tahun ini, lebih dari 150 brand kecantikan ikut ambil bagian, lengkap dengan workshop interaktif, diskusi, dan sesi bertemu dengan beauty icon nasional.
Setelah sukses di Surabaya dan Yogyakarta dengan total 69.200 pengunjung, Bandung menjadi kota ketiga sebelum event melanjutkan perjalanannya ke Jakarta pada Juli mendatang.
Imbauan Saat Libur Panjang
Menyambut libur panjang, Erwin juga mengimbau wisatawan dan warga Bandung untuk tetap menjaga ketertiban dan kebersihan.
Baca juga: Ibu Sinta Dicekik Rentenir Gara-Gara Utang Rp2 Juta, Wakil Wali Kota Bandung Turun Tangan!
“Jangan buang sampah sembarangan, jangan parkir sembarangan. Kalau menginap di rumah kerabat, mohon izin ke RT/RW agar kami bisa siapkan fasilitas seperti toilet tambahan dan air bersih,” pesannya.
Ia juga mengajak para wisatawan untuk berbelanja produk lokal agar roda ekonomi terus berputar.
“Belanja di Bandung ya. Ini penting agar ekonomi masyarakat terus hidup dan berkembang,” tutupnya. (*)