SOKOGURU, Jakarta- Kehadiran kecerdasan buatan (AI) kini menjadi peluang besar bagi dunia usaha, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Pasalnya, AI dapat membantu UMKM melakukan lompatan bisnis yang signifikan, sehingga dapat bersaing di pasar yang lebih luas.
Sebagai contoh, UMKM di daerah terpencil seperti Kalimantan yang ingin menjangkau pasar Jakarta tidak perlu merekrut manajer produk secara fisik.
Dengan AI, mereka dapat mengakses teknologi yang membantu memenuhi kebutuhan bisnis mereka tanpa hambatan geografis.
Baca juga: Telkom Berkomitmen Dorong Perluasan Penggunaan AI di Tanah Air
Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Ririek Adriansyah, dalam acara Indonesia Data dan Economic Conference (IDE 2025) di Jakarta pekan lalu.
“Cuma, meski AI menawarkan berbagai manfaat, penggunaannya masih belum optimal karena banyak organisasi belum siap mengadopsinya,” katanya dalam keterangan resmi Kementerian BUMN, Jumat (28/2).
Sebabnya, lanjut Ririek, salah satu tantangan utama adalah kurangnya kesiapan sumber daya manusia (SDM), di mana permintaan tenaga ahli AI lebih tinggi dibandingkan ketersediaannya.
“Sebagai solusi, Telkom melalui ekosistem digital Indibiz tengah mengembangkan platform berbasis AI yang dirancang khusus untuk small and medium enterprise (SME),” tambahnya..
Solusi itu, menurut Ririek, mencakup berbagai fitur inovatif, seperti AI Chatbot untuk Customer Management System (CRM), Chatbot Apps for Customer Service, AI Document Processing yang mendukung Big Data Analytics dan Inventory Management System, serta AI untuk kebutuhan rekrutmen.
Baca juga: DPR RI Ajak Telkom Perluas Akses Teknologi hingga Pelosok Tanah Air
Optimalisasi AI dalam dunia bisnis juga dinilai dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.
Ririek menegaskan dengan infrastruktur teknologi informasi yang semakin berkembang, AI berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 8%, sejalan dengan target yang ditetapkan Presiden RI Prabowo Subianto.
Sebagai langkah konkret, Telkom melalui Indibiz terus memperluas akses AI bagi SME agar dapat memanfaatkan teknologi ini dengan lebih luas.
Dengan dukungan dari Telkom Group, Indibiz akan memperkenalkan berbagai produk digital berbasis AI yang dirancang untuk membantu para pelaku usaha mengoptimalkan bisnis mereka.
Baca juga: Sinergi Telkom dan Kemendag Percepat Startup Gim Lokal Raih Pasar Global
OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, Reni Yustiani, menambahkan, di tahap awal, pihaknya sudah memetakan AI akan diimplementasikan pada pelanggan segmen medium untuk merasakan langsung produk terbaru ini.
"Jumlah penggunaan produk AI dalam waktu dekat juga akan meningkat hingga ke segmen usaha kecil," katanya.
Beberapa pelanggan di segmen medium telah mulai merasakan manfaat solusi AI dari Indibiz.
Implementasi yang sukses di sektor swasta ini akan terus diperluas agar mencakup lebih banyak segmen bisnis, termasuk usaha kecil di masa depan.
Dengan paket yang terjangkau, solusi AI dari Indibiz diharapkan dapat menjadi alat yang efektif bagi pelaku SME dalam meningkatkan efisiensi dan daya saing bisnis mereka di seluruh Indonesia. (SG-1)