SOKOGURU, BANDUNG– Ratusan unit Volkswagen (VW) klasik dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Beetle, Kombi, Safari, dan masih banyak lagi meramaikan acara Bandung Lautan VW (BLVW) 3 dan Beetle Battle 4 Seri II di Bandung Convention Center, pada Sabtu, 31 Mei 2025.
Kegiatan itu menjadi momen penting untuk merayakan warisan otomotif legendaris Volkswagen, khususnya di Indonesia, sekaligus memperkenalkan arah baru industri otomotif modern.
Demikian disampaikan Head of Sales & Marketing PT Garuda Mataram Motor (Volkswagen Indonesia), Ahmad Badawi, dalam keterangan resmi yang diterima Sokoguru, Senin, 2 Juni.
Baca juga: Bandung Lautan VW 2025 Siap Digelar! Pesta Mobil Klasik hingga UMKM Ramaikan Kota Kembang
“Bandung Lautan VW merupakan event otomotif berskala nasional yang diselenggarakan oleh Volkswagen Club Bandung (VCB) setiap satu dekade sejak 2000,” ujarnya.
Tahun ini, lanjut Ahmad, BLVW 3 sekaligus menjadi bagian dari perayaan 43 tahun VCB serta peringatan 88 tahun berdirinya pabrik Volkswagen pertama di dunia.
Sementara itu, Beetle Battle 4 Seri II menjadi kompetisi modifikasi khusus mobil VW Beetle yang digagas oleh VW Beetle Club Indonesia.
Baca juga: VW Mania! Bandung Lautan Volkswagen, Penggemar dari 5 Negara Padati Kota Kembang
Volkswagen Indonesia mendukung penuh kelancaran acara itu sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat komunitas yang telah menjaga warisan merek selama puluhan tahun.
“Dukungan ini diwujudkan dengan kehadiran The All-Electric ID. Buzz, yakni generasi terbaru dari VW Kombi yang ikonik sebagai simbol evolusi dari masa lalu ke masa depan,” imbuhnya.
Di tengah acara tersebut, Ahmad mengaku sangat berbahagia bisa kembali berada di tengah komunitas Volkswagen yang begitu hangat dan solid.
Baca juga: Dukung Java Jazz Festival 2025, Dua Unit Volkswagen Jadi Transportasi Utama Para Musisi
“Kami sangat menghargai semangat teman-teman komunitas VW di Indonesia yang sudah menjaga, merawat, dan merayakan warisan VW selama puluhan tahun, khususnya dari VCB dan Volkswagen Beetle Club (VBC). Kami juga turut bangga membawa ID. Buzz sebagai generasi penerus ke ajang ini,” jelasnya.
Lewat kehadiran ID. Buzz, kata Ahmad lagi, pihaknya ingin menunjukkan semangat itu tidak pernah padam, justru terus bergerak maju menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan.
ID. Buzz tampil sebagai representasi mobilitas masa depan, yakni sebuah van listrik penuh gaya yang tetap menghormati desain dan semangat VW Kombi klasik.
Desain ikoniknya hadir melalui pilihan 11 warna menarik, dilengkapi ruang kabin fleksibel untuk enam penumpang dengan kapasitas bagasi yang luas. Tak hanya menawarkan tampilan yang menawan, performa ID. Buzz sebagai kendaraan listrik juga patut diandalkan.
Dengan jangkauan mencapai lebih dari 500 km (NEDC) dan kemampuan fast charging dari 5% ke 80% hanya dalam 30 menit, ID. Buzz tak hanya meneruskan warisan legendaris Volkswagen, tetapi juga menghadirkan solusi mobilitas yang lebih ramah lingkungan untuk generasi masa kini dan mendatang.
Dok. Volkswagen Indonesia
Keterlibatan Volkswagen Indonesia di BLVW 3 menjadi bentuk nyata dukungan terhadap komunitas sebagai fondasi kekuatan merek serta memperkuat komitmen Volkswagen untuk terus hadir dalam berbagai fase perjalanan konsumennya, baik yang berakar pada nostalgia, maupun yang melaju ke masa depan. (SG-1)