Pariwisata

Berpartisipasi di ITB Asia 2024, KBRI Singapura Promosikan Jakarta

KBRI Singapura telah memfasilitasi kegiatan Astindo Sales Mission to Singapore. Kegiatan itu mempertemukan sejumlah travel agent dan tour operator dari Indonesia dan Singapura dan jajaki kerja sama. 
 

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
29 Oktober 2024
ITB Asia yang berlangsung pada 23 – 25 Oktober 2024, adalah pameran pariwisata dan perjalanan tahunan yang diselenggarakan di Singapura. Acara ini mempertemukan berbagai pelaku industri, seperti agen perjalanan, operator hotel, maskapai penerbangan, dan badan promosi pariwisata dari seluruh dunia. (Dok. KBRI Singapura)

INDONESIA baru saja mengikuti acara  Internationale Tourismus-Börse (ITB) 2024 di  Sands Expo and Convention Centre, Singapura, yang berlangsung pekan lalu.

 

“Partisipasi Indonesia pada kegiatan itu sangat penting untuk memperkuat promosi pariwisata dan memperluas jaringan bisnis di sektor ekonomi kreatif,” ujar  Wakil Duta Besar RI untuk Singapura, Sulistijo Djati Ismojo, yang telah meresmikan booth Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta di ajang ITB Asia 2024 itu.


Booth bertemakan DKI Jakarta tersebut bertujuan dapat menarik minat wisatawan dan mitra internasional untuk menjalin kerja sama, menjadikan Jakarta sebagai destinasi wisata dan pusat ekonomi kreatif terkemuka di Asia. 

 

Baca juga: Chef Marinka Promosikan Kuliner Khas Betawi di Praha, Ceko

 

Pada kesempatan yang sama, perwakilan Asosiasi Agen Tour and Travel Indonesia (ASITA) juga melakukan courtesy call kepada Sulistijo. Sekretaris Jenderal ASITA, Budijanto Ardiansjah, menjelaskan, tujuan kunjungan ASITA ke Singapura untuk berpartisipasi pada pameran pariwisata internasional ITB Asia 2024. 

 

Wakil Dubes pun menyambut baik partisipasi ASITA dan menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dari Indonesia untuk memajukan industri pariwisata tanah air.

 

Dalam pertemuan itu, KBRI Singapura dan ASITA berkesempatan untuk saling mengenal dan berdiskusi tentang peluang kerja sama untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara khususnya Singapura ke Indonesia.

 

Baca juga: Menlu Retno: Indonesia House Amsterdam Jadi Pusat Promosi RI Terbesar di Eropa

 

Masih berkaitan dengan partisipasi Indonesia pada ITB Asia 2024, pada malam sebelumnya, Selasa (22/10), KBRI Singapura telah memfasilitasi kegiatan Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Sales Mission to Singapore.

 

Kegiatan Sales Mission tersebut mempertemukan sejumlah travel agent dan tour operator dari Indonesia dan Singapura dan menjajaki kerja sama untuk menawarkan paket wisata dari berbagai daerah di Indonesia. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Duta Besar RI.

 

ITB Asia adalah pameran pariwisata dan perjalanan tahunan yang diselenggarakan di Singapura  pada 23 – 25 Oktober 2024.  Acara itu mempertemukan berbagai pelaku industri, seperti agen perjalanan, operator hotel, maskapai penerbangan, dan badan promosi pariwisata dari seluruh dunia. 

 

Baca juga: DKI Jakarta Promosikan Pariwisata Melalui ‘Business Matching’ di New York, AS

 

ITB Asia menjadi platform strategis untuk membangun kolaborasi dan memperkenalkan inovasi di sektor pariwisata, sekaligus mempromosikan berbagai destinasi dan produk unggulan di kancah internasional. (SG-1)