Kuliner

Sambangi ‘Kota Kembang’, Toko Kopi Tuku Kolaborasi dengan Pelaku Usaha Lokal

Tidak hanya di area Jabodetabek, kopi sudah menjadi gaya hidup di beberapa kota besar lainnya termasuk Bandung.

Toko Kopi Tuku (Tuku) kembali menyapa para tetangga, pelanggan sekaligus penikmat kopi Tuku, di Bandung. (Ist)

TIDAK dapat dipungkiri bahwa kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup untuk banyak orang. Tiada hari tanpa mengkonsumsi kopi, terlebih menu es kopi susu yang  sedang digandrungi khalayak ramai. 

 

Tidak hanya di area Jabodetabek, kopi sudah menjadi gaya hidup di beberapa kota besar lainnya termasuk Bandung.

 

Bandung menjadi kota dengan magnet tersendiri dalam hal kuliner, tidak terkecuali kedai kopi. 

 

Baca juga: IFBC Expo 2024, Ajang Perusahaan Tawarkan Kerja Sama Waralaba dan Kemitraan

 

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyebutkan Kota Bandung  sebagai daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan sepanjang tahun 2023 dengan 7,7 juta kunjungan wisatawan.

 

Hal ini membuat Toko Kopi Tuku (Tuku) kembali menyapa para tetangga, pelanggan sekaligus penikmat kopi Tuku, di Bandung dalam rangka memperluas jangkauan dan mendekatkan diri dengan pangsa pasar di luar Jabodetabek. 

 

Mengangkat budaya Bandung 'ngopi' yang memiliki makna kumpul-kumpul bersama dengan camilan, Tuku membuka tempat penjualan jangka pendek yang mudah dibongkar pasang dengan menggaet merek lokal Bandung yakni Warung Kopi Imah Babaturan; Work Unusual; Merindu Canteen dan Seroja Bake.

 

Baca juga: Food Street Malabar Jadi Pelengkap Wisata Kuliner di Kota Bandung

 

Selain itu, perlu diketahui bahwa ini bukan pertama kalinya Toko Kopi Tuku berkunjung ke Bandung. 

 

Sebelumnya, kehadiran TUKU di beberapa acara lokal seperti Pergi Kuliner Bandung  dan Bandung x Beauty selalu mendapatkan sambutan yang hangat dari pelanggan.

 

"Tuku senantiasa mencari relevansi keberadaan brand agar dapat meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia,” ujar Andanu Prasetyo, CEO dan Founder Toko Kopi Tuku dalam keterangan, Jumat (23/2/2024).

 

 

“Sebagai brand dari Jakarta, kami ingin membuka peluang lebih luas lagi untuk mengembangkan bisnis. Kami sadar bahwa tidak ada yang one size fits all karena budayanya beda-beda,” paparnya.. 

 

“Maka dari itu, kami mencoba metode baru dengan Pop Up seperti ini dengan harapan  kami bisa mencari cara bertetangga yang lebih baik, masuk untuk mengetahui kebutuhan di Bandung seperti apa," tutur Andanu.

 

Baca juga: Ajang Pameran Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Kembali Hadir Tahun Ini

 

Toko Kopi Tuku akan hadir pada 22-23 Februari 2024 di Imah Babaturan. Selanjutnya, kegiatan Tuku Bertamu ini akan menyambut tetangga di Work Unusual pada tanggal 24-25 Februari 2024, Merindu Canteen pada tanggal 28 Februari 2024-12 Maret 2024 dan di Seroja Bake pada tanggal 8-10 Maret 2024.

 

Sebagai salah satu bentuk dukungan Tuku kepada para pecinta olahraga dan hobi di kota ini,  kegiatan Tuku Bertamu juga akan melibatkan beberapa komunitas lokal di Merindu Canteen pada tanggal 29 Februari 2024.

 

Berawal dari Tahun 2015, Toko Kopi Tuku merupakan sebuah toko kecil di Jl. Cipete Raya di  Jakarta Selatan, dengan fokus utama menemukan rasa kopi yang cocok di kalangan tetangga sekitar. 

 

Memiliki misi untuk dapat berkontribusi dalam meningkatkan apresiasi terhadap kopi lokal  serta meningkatkan konsumsi kopi bagi Indonesia yang baik bagi hulu dan hilir, Toko Kopi Tuku kini sudah bertetangga di 46 tempat di Jabodetabek, Surabaya, dan Malang.(SG-2)