SEKTOR usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia dan terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.
Pada tahun 2021, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 61,97%, atau sekitar Rp8,6 triliun.
“Dalam konteks ini, Onin Creative telah muncul sebagai agensi yang berfokus pada pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi dan media sosial,” kata Yudi Atmoko, Founder Onin Creative dalam keterangan, Minggu (25/2).
Baca juga: Tak Hanya Bertahan, Comring, Produk UMKM Kota Bandung, Perlu Sentuhan Inovasi
“Onin Creative telah berhasil membantu optimalisasi media sosial UMKM sejak tahun 2019. Onin Creative atau lebih dikenal sebagai @oninfluencer menyadari pentingnya media sosial dalam mempromosikan dan memasarkan produk UMKM,” jelasnya.
Onin Creative atau para Onin influencer telah membantu UMKM terhubung dengan platform media sosial populer seperti Instagram, TikTok, dan Facebook.
“Dengan menggunakan tren dan algoritma yang ada, ONIN Creative memaksimalkan potensi platform-platform ini untuk meningkatkan keberhasilan UMKM di Indonesia,” jelasnya.
Baca juga: Sambangi ‘Kota Kembang’, Toko Kopi Tuku Kolaborasi dengan Pelaku Usaha Lokal
Agensi ini telah bekerja dengan berbagai jenis UMKM di sektor makanan dan minuman, produk, dan jasa.
“Dengan pengalaman yang luas, Onin Creative percaya bahwa UMKM di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk berkembang, dengan memanfaatkan digitalisasi dan keterhubungan dengan media sosial,” ujar Yudi,
Onin Creative menjadi mitra strategis bagi UMKM dalam upaya digitalisasi dan pemanfaatan media sosial.
Dengan bimbingan dan dukungan dari Onin Creative, UMKM dapat memanfaatkan platform media sosial secara maksimal untuk meningkatkan visibilitas, menjangkau pasar yang lebih luas, dan meningkatkan penjualan.
Baca juga: Digitalisasi Miliki Peran Kunci Berdayakan dan Bangun Keberlanjutan UMKM
“Peran Onin Creative sangat penting dalam memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan,” papar Yudi.
Dalam era digital yang terus berkembang, Onin Creative siap menjadi mitra yang handal bagi UMKM dalam mengimplementasikan strategi pemasaran dan memanfaatkan potensi media sosial.
“Dengan pengetahuan dan pengalaman mendalam dalam industri ini, Onin Creative dapat memberikan solusi yang efektif untuk membantu UMKM memajukan bisnis mereka,” paparnya.
“Dukungan yang diberikan oleh Onin Creative akan memberikan dorongan yang signifikan bagi UMKM untuk berkembang, bersaing di pasar yang kompetitif, dan menjadi kekuatan utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelas Yudi. (SG-2)