Masih ingat film layar lebar Filosofi Kopi yang menceritakan kisah Jody dan Ben dalam membangun sebuah kedai kopi? Film ini tentu saja tak hanya menarik dari sisi dramanya saja. Tapi juga nilai dan lika liku sebuah perjuangan UMKM. Bahkan dari film ini akhirnya berdiri kedai Filosofi Kopi yang hadir di berbagai kota besar di Indonesia.
Film memang telah menjadi media efektif dalam mempromosikan sebuah tempat hingga kuliner. Terlebih di Indonesia, hampir semua kuliner legendaris punya cerita dan nilai sejarahnya.
Inilah subsektor film nasional yang tengah digenjot oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ia optimis industri film di Indonesia mampu mempromosikan sektor UMKM sehingga semakin maju bagi perekonomian bangsa.
Hal ini ia tegaskan saat bertemu dengan para pelaku industri film di Surabaya, Jawa Timur.
Menurutnya, industri film di Indonesia semakin bagus dan terbukti di tahun 2022 ada banyak penonton Indonesia yang menikmati karya anak bangsa sendiri. Apresiasi ini menurutnya turut mendongrak dunia perfilman Indonesia. Karena itu, ia menginginkan agar subsektor film bisa berkolaborasi dengan ragam kuliner, desain, kriya, hingga fashion produk UMKM Indonesia.
Kolaborasi dan menjadikan tema UMKM dalam industri film tentu saja akan semakin menarik di tengah pertumbuhan ekonomi saat ini. Terlebih tema UMKM sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia.