MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan kebanggaannya saat menghadiri Gorontalo Karnaval Karawo 2024 yang diselenggarakan di GOR Nani Wartabone, Kota Gorontalo.
Acara yang berlangsung dari tanggal 21 Juni hingga 23 Juni 2024 ini, menjadi momentum berharga untuk memperkenalkan kain tenun Karawo, kebanggaan lokal Gorontalo, ke pasar nasional dan internasional.
Gorontalo Karnaval Karawo 2024, yang masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf, bukan hanya sekedar perayaan tahunan yang dinantikan oleh masyarakat Gorontalo.
Baca juga: Kemenparekraf Dorong Pengarusutamaan Gender dalam Pengelolaan Desa Wisata
Event ini juga menjadi ajang pemberdayaan UMKM lokal dan wadah promosi ekonomi kreatif Gorontalo.
Sandiaga mengungkapkan bahwa event ini diharapkan mampu mengamplifikasi kehadiran kain Karawo sebagai produk ekonomi kreatif unggulan Gorontalo.
"Saya berharap event ini dapat memberdayakan UMKM lokal serta menjadi wadah promosi ekonomi kreatif Gorontalo, khususnya kain tradisional Karawo," ujar Sandiaga sebagaimana dilansir situs Kemenparekraf, Minggu (24/6).
Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan kekayaan intelektual lokal untuk memperkuat potensi kain Karawo.
"Idenya adalah bekerja sama dengan beberapa IP lokal seperti Si Juki dan Gundala, serta film-film Indonesia terkenal agar bisa digunakan sebagai motif promosi," tambahnya.
Dalam kunjungannya ke Uni Emirat Arab, Sandiaga mengenakan baju Karawo khas Gorontalo, menunjukkan komitmennya dalam memperkuat potensi kain Karawo sebagai oleh-oleh khas Gorontalo.
Baca juga: Jogja Festival Budaya Sukses Hadirkan Seni Budaya, Kuliner, dan Industri Kreatif
Berbagai pelatihan juga diberikan kepada generasi muda untuk melestarikan dan mengembangkan kerajinan ini.
Pj. Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, turut mengapresiasi dukungan Kemenparekraf terhadap Gorontalo Karnaval Karawo yang mengusung tema "Kreativitas Lokal untuk Global".
"Gorontalo Karnaval Karawo adalah salah satu cara pemerintah untuk membangkitkan gairah pengrajin dan masyarakat dalam melestarikan Karawo," ujar Rudy.
Karnaval ini dimeriahkan oleh pawai peserta yang mengenakan busana bermotif kain Karawo, menambah semarak acara.
Kehadiran Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizki Handayani, juga menunjukkan dukungan penuh pemerintah dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif Gorontalo.
Baca juga: Kemenparekraf dan KAI Wisata Gencarkan Misi Penjualan Wisata di Tiongkok
Dengan semangat dan dukungan berbagai pihak, Gorontalo Karnaval Karawo 2024 berhasil menjadi platform strategis untuk mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya lokal Gorontalo, menjadikannya dikenal hingga ke kancah internasional. (SG-2)