SOKOGURU, BANDUNG- Sebagai langkah strategis untuk memperkuat industri pariwisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, Pemerintah Kota Bandung resmi meluncurkan Bandung Calendar of Event 2026.
Peluncuran dilakukan langsung oleh Wali Kota Bandung, Muhammad Farhan di Bandung Creative Hub, Jumat, 21 November 2025.
Selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Bandung Calendar of Event 2026 itu juga bertujuan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi pelaku industri kreatif dan sektor pendukung lainnya.
Baca juga: Tekan Jumlah Pengangguran dan Lahirkan Wirausaha Baru, Pemkot Bandung Gelar Pelatihan Barista
“Bandung memang selalu ramai oleh event. Tantangannya adalah menjaga konsistensi, memberikan nilai tambah bagi penonton, serta memastikan infrastruktur kota mendukung kenyamanan penyelenggaraan,” ujarnya di sela-sela peluncuran, seperti dikutip keterangan resmi Diskominfo Kota Bandung.
Menurut Farhan, Pemkot Bandung juga tengah mempersiapkan sejumlah kebijakan pendukung, mulai dari diskon pajak tontonan hingga penguatan fasilitas-kota untuk mendukung ekosistem event.
Pemkot juga sedang memetakan lokasi untuk pembangunan gedung kesenian berskala besar, sebagai ruang ekspresi bagi para pelaku seni dan kreatif.
Baca juga: Milestone 215 Tahun Kota Bandung: Jejak Sejarah dan Identitas Kota Bandung dalam Satu Pameran
Di sisi lain, aspek lingkungan tetap menjadi perhatian. Farhan menegaskan bahwa setiap penyelenggara event wajib menunjukkan rencana pengelolaan sampah yang jelas dan terukur.
Melalui Calendar of Event 2026, Pemkot Bandung mengusung gagasan Experience Bandung Better – Make Bandung Better, sebuah visi yang menempatkan pengalaman wisata sebagai pusat strategi pariwisata modern.
Dengan dukungan event berkualitas, kolaborasi lintas sektor, dan peningkatan infrastruktur, Bandung menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan yang lebih signifikan di tahun 2026.
Baca juga: Pemkot Bandung Luncurkan Program MAREMA untuk Perkuat UMKM Lewat Digital Marketing
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Adi Junjunan, menyampaikan, tahun 2025 menjadi tahun yang produktif, dengan 113 event besar yang terselenggara di Kota Bandung.
Seluruhnya telah melalui proses kurasi oleh para ahli di bidangnya, hingga melahirkan Top 10 Event Kota Bandung 2026.
“Event-event terbaik ini akan direkomendasikan ke tingkat Provinsi Jawa Barat hingga nasional. Kami berharap ini dapat menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara,” ujar Kadisbudpar.
Tingginya aktivitas pariwisata sepanjang tahun ini, sambungnya, turut mendorong meningkatnya okupansi dan pergerakan ekonomi kreatif.
Tahun 2025, Bandung mencatat kunjungan hingga 9 juta wisatawan, sebuah capaian yang mempertegas Bandung sebagai kota tujuan utama wisata di Indonesia.
Adapun Top 10 Calendar of Event Bandung 2026, yakni:
- Asia Africa Festival 2026 – Juni 2026
- Bandung Arts Festival – Juli 2026
- Bandung Orchestra Festival – Juni 2026
- Angklung Pride – November 2026
- Bandung Art Month – Agustus 2026
- Papandayan Jazz Festival – Oktober 2026
- Tau Tau Festival – Mei 2026
- Now Playing Festival – November 2026
- Festival Baso Juara – Juli 2026
- Be On Fest – Februari 2026
Dengan seleksi dan penetapan event unggulan tersebut, Kota Bandung semakin siap menghadirkan pengalaman wisata yang lebih kaya, kreatif, dan berkesan bagi seluruh pengunjung. (SG-1)