KEBERHASILAN usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tampaknya tak akan bisa dengan mudah berjalan tanpa adanya fasilitas untuk memasarkan produk dan jasanya ke masyarakat.
Hal itulah yang menjadi salah satu alasan bagi Muhammad Hadiyatullah, selaku CEO dan Founder Brighty Group untuk mengakuisisi perusahaan aggregator terkemuka, Completed.
Kesamaan visi dan misi menjadi alasan mengapa akhirnya Muhammad Hadiyatullah mengakuisisi Completed.
Baca juga: Hadir di Inacraft 2024, Produk UMKM Kota Bandung Bidik Pasar Mancanegara
"Kita punya kesamaan visi, yaitu menjadi teman bertumbuhnya para UMKM di Tanah Air. Nantinya kita akan menjadi partner sehingga UMKM bisa menjalankan bisnisnya bukan cuma di pasar lokal melainkan di pasar internasional," ungkap Muhammad.
Beberapa fasilitas pun akan dihadirkan oleh Completed untuk menjadi wadah bagi UMKM dalam menjalankan bisnisnya.
"Di Completed kita bekerja sama dengan ekspedisi pengiriman barang, menyediakan warehouse yang dibutuhkan seller, melakukan edukasi juga bagaimana cara berjualan dan memasarkan produknya," lanjut Muhammad.
Baca juga: Kemenparekraf Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Fotografi
UMKM dan seller pun sudah mulai bisa bergabung untuk bertumbuh bersama Completed mulai tanggal 9 Maret mendatang.
Muhammad pun menjelaskan bahwa Completed memiliki keunggulan dibanding aggregator lainnya sehingga layak untuk dipilih oleh para seller dan UMKM.
"Fokus kita adalah bagaimana agar seller yang tadinya membuat produk dan jasa seadanya menjadi lebih berkualitas," jelasnya.
"Kami juga memiliki fitur CRM (Customer Relationship Management) yang akan membantu customer yang sudah bertransaksi ke seller melakukan follow up transaksinya sampai barang tiba di tangannya," lanjutnya.
Baca juga: Amartha dan Unilever Dukung Usaha Mikro Perempuan Bangun Bank Sampah
Pemilik sebelumnya, Irwansyah selaku CEO Simantep Group/SMG Group juga sepakat untuk melepaskan kendali Completed kepada partnernya Muhammad yang sudah sukses membesarkan brand Brighty di industri kecantikan Tanah Air.
"Saya percaya terhadap kemampuan pak Muhammad Hidayatullah yang sebelumnya sudah membesarkan brand Brighty. Kita juga memiliki visi misi yang sama untuk bisa membuat UMKM dapat bertumbuh bersama agar bisa berhasil hingga pasar global," tutur Irwansyah.
Langkah berikutnya setelah akuisisi ini adalah melakukan beberapa strategi pemasaran, inovasi produk dan perluasan pasar. Completed berkomitmen untuk tetap menjadi wadah yang bisa memberikan nilai tambah kepada UMKM selaku mitra bisnisnya. (SG-2)