Ekonomi

Tampil di Inacraft 2024, UMKM Binaan Pegadaian Didorong Perluas Pasar Hingga Mancanegera

Inacraft juga menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan produk-produk lokal unggulan sekaligus membuka peluang ekspansi ke pasar internasional.

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
08 Oktober 2024
Tiga UMKM binaan PT Pegadaian mengikuti ajang pameran kerajian Inacraft 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) dari 2-6 Oktober 2024. (Ist/Pegadaian)

PT Pegadaian semakin memperkuat komitmennya dalam mendukung dan memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan berpartisipasi dalam Inacraft 2024.

 

Pameran industri kerajinan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Inacraft 2024 berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) dari 2-6 Oktober 2024.

 

Inacraft juga menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan produk-produk lokal unggulan sekaligus membuka peluang ekspansi ke pasar internasional.

 

Baca juga: UMKM Binaan Bea Cukai Bekasi Sukses Ekspor Perdana Jajanan Tradisional ke Jepang

 

Dalam pameran ini, Pegadaian menggandeng tiga UMKM binaannya yakni Telulas Craft, Madebyde, dan Rumah Butik Emi. 

 

Ketiga UMKM ini menonjol dengan produk kerajinan yang menggabungkan kearifan lokal dan inovasi modern. 

 

Telulas Craft, misalnya, menghadirkan kriya bernilai seni tinggi dengan perpaduan tradisional dan kontemporer.

 

Madebyde menampilkan aksesoris handmade yang unik dan personal, sementara Rumah Butik Emi memamerkan koleksi busana berbasis wastra Nusantara.

 

Produk Madebyde juga memperlihatkan keindahan kain tradisional dalam gaya modern yang elegan.

 

Keikutsertaan UMKM binaan Pegadaian di Inacraft 2024 merupakan bagian dari program pembinaan yang tidak hanya memberikan akses permodalan, tetapi juga pelatihan, pendampingan, dan dukungan dalam memperluas pasar. 

 

Program ini dirancang untuk membantu UMKM agar dapat terus tumbuh dan siap bersaing di pasar global yang semakin kompetitif.

 

Baca juga: Kehadiran Aplikasi ‘Temu’ dari China Ancam UMKM Lokal dan Rumor Akuisisi Bukalapak

 

Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah, menjelaskan bahwa partisipasi di Inacraft bukan sekadar untuk memperkenalkan produk-produk berkualitas dari UMKM binaan.

 

Pegadaian juga melakukan langkah strategis untuk mengantarkan UMKM Indonesia ke panggung internasional. 

 

"Kami percaya produk kreatif dari UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk diterima di pasar global, dan kami berkomitmen untuk terus mendukung mereka dalam setiap tahap pengembangan," ujar Eka dalam keterangan pers, Selasa (8/10)..

 

Selain memperkuat posisi UMKM dalam ekosistem ekonomi kreatif yang berkelanjutan, partisipasi Pegadaian di Inacraft juga sejalan dengan komitmen perusahaan.

 

Baca juga: 13 UMKM Lamongan Tampil di Jatim Fest 2024, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

 

Komitmen Pegadaian adalah mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), terutama tujuan nomor 8 tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

 

"Kami berharap UMKM terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional,” jelas Eka. 

 

“Kami akan terus mendukung mereka agar bisa naik kelas dan meraih kesuksesan di kancah internasional," tutup Eka.

 

Dengan inisiatif ini, Pegadaian menegaskan peran pentingnya dalam mengembangkan UMKM sebagai motor penggerak ekonomi kreatif yang mampu bersaing di pasar global.

 

Pegadaian juga sekaligus memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. (SG-2)