PT Elok Niaga Indonesia, salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Bea Cukai Bekasi, Jawa Barat, mencatatkan tonggak penting dalam perjalanan bisnisnya dengan berhasil mengekspor aneka jajanan tradisional ke Jepang.
Produk seperti basreng, keripik tempe, keripik oncom, dan keripik tahu meluncur melalui Bandara Soekarno-Hatta, menandai langkah awal UMKM ini menembus pasar internasional.
Dengan merek dagang "Mama Yon," PT Elok Niaga Indonesia berencana melanjutkan ekspor secara berkelanjutan, mengingat tingginya permintaan produk tradisional Indonesia di Jepang.
Baca juga: 13 UMKM Lamongan Tampil di Jatim Fest 2024, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah
Perjalanan ekspor ini tidak lepas dari tantangan yang dihadapi, terutama dalam memenuhi regulasi ketat terkait pemasukan produk makanan ke negeri sakura.
Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Bekasi, Undani. menjelaskan bahwa proses ekspor ini tidak berjalan mulus tanpa kendala.
Namun, kolaborasi yang kuat antara Bea Cukai dan PT Elok Niaga Indonesia melalui program Klinik Ekspor berhasil mengatasi hambatan tersebut.
"Kami hadir mendampingi PT Elok Niaga Indonesia dalam meningkatkan kapasitas mereka, mulai dari pemasaran hingga penyelesaian proses kepabeanan,” jelasnya.
“Klinik Ekspor adalah wujud komitmen kami dalam mendukung UMKM untuk mampu bersaing di pasar global," ujar Undani.
Baca juga: Dorong UMKM ‘Go Global’, BSI Kirim Lima UMKM Binaan ke Festival di Arab Saudi
Lebih jauh, Undani menekankan pentingnya langkah progresif dari pemerintah untuk memastikan keberlanjutan ekspor UMKM.
Koordinasi dan kolaborasi dengan atase perdagangan di luar negeri juga diharapkan terus diperkuat guna membuka pasar baru melalui kegiatan business matching.
Bagi pemilik PT Elok Niaga Indonesia, Dadang Hernanto, keberhasilan ini adalah bukti bahwa produk lokal yang dikemas dengan modern tidak hanya menarik minat pekerja migran Indonesia di Jepang, tetapi juga masyarakat Jepang secara umum.
Baca juga: UMKM Binaan Pertamina Raup Kesepakatan Rp 2 Miliar di CAEXPO 2024
“Kami optimis dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pendampingan Bea Cukai, produk lokal kita akan semakin mendunia,” tutur Dadang dengan antusias.
Dengan kesamaan selera dan budaya antara Indonesia dan Jepang, PT Elok Niaga Indonesia melihat peluang besar untuk terus memperluas pasar di sana.
Kesuksesan ekspor perdana ini menjadi inspirasi bagi UMKM lainnya untuk memberanikan diri menembus pasar internasional. (SG-2)