Ekonomi

Sokoguru dan Rumah BUMN Merauke Berkolaborasi Kembangkan UMKM Wilayah Timur Indonesia

Para peserta webinar diajak untuk memahami berbagai aspek pemasaran digital, mulai dari penggunaan media sosial secara efektif, optimasi situs web dan marketplace hingga strategi konten yang dapat menarik minat konsumen.
 

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
26 Agustus 2024
Dok. Sokoguru/Fajar Ramadan

SEBANYAK 33 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai sektor di Merauke, Papua Selatan  mengikuti pembekalan dasar mengenai pemasaran digital, pada webinar pertama bertajuk Dasar-Dasar Pemasaran Digital, Senin (26/8).

 

Acara yang diselenggarakan oleh Sokoguru dan Rumah BUMN Merauke itu secara daring melalui zoom itu bertujuan mengembangkan UMKM di wilayah Timur Indonesia melalui inisiatif program Terra Inventa 1.0. 

 

Program tersebut berfokus pada pemberdayaan dan digitalisasi UMKM, terutama di daerah-daerah yang selama ini kurang terjangkau oleh infrastruktur digital.

 

Baca juga: Kemenkop UKM Dorong Pemanfaatan Platform Digital Lokal untuk Program Pemerintah

 

"Program Terra Inventa 1.0 ini merupakan langkah awal kami dalam mendukung pengembangan UMKM di wilayah Timur Indonesia, khususnya Merauke. Kami percaya dengan kolaborasi dan sinergi bersama, UMKM di daerah ini dapat terus berkembang dan mampu bersaing di pasar nasional bahkan internasional," ujar Novrizal, CEO Sokoguru, Novrizal dalam sambutannya.

 

Menurutnya, program itu dirancang untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi digital guna memperluas pasar dan meningkatkan daya saing produk mereka. Untuk segmen kali ini, Terra Inverta 1.0 mengundang Koordinator Rumah BUMN Bandung, Supriatman.

 

Selama kegiatan berlangsung, para peserta diajak untuk memahami berbagai aspek pemasaran digital, mulai dari penggunaan media sosial secara efektif, optimasi situs web dan lokapasar (marketplace), hingga strategi konten yang dapat menarik minat konsumen. 

 

Baca juga: Aktivasi UMKM Medan Melalui Bazar, Rumah BUMN Ajak Pelaku Usaha Berkolaborasi

 

Selain itu, para peserta juga diberikan pemahaman tentang pentingnya evaluasi dan analisis data untuk mengukur efektivitas kampanye pemasaran mereka.

 

Selain pembekalan pemasaran digital, pelatihan itu juga mengangkat tantangan-tantangan spesifik yang dihadapi oleh UMKM di Merauke, seperti biaya pengiriman produk yang tinggi dan keterbatasan akses ke pasar digital. 

 

Melalui kerja sama dengan Rumah BUMN dan universitas setempat diharapkan dapat  mengeksplorasi solusi-solusi yang dapat membantu mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

 

Baca juga: UMKM Harus Bisa! Ayo Tingkatkan Pemasaran Digital Lewat Chat GPT

 

Program Terra Inventa 1.0 ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan dengan agenda lanjutan yang mencakup optimalisasi media sosial, strategi pemasaran di e-commerce, dan peningkatan keterampilan digital lainnya. 

 

“Harapannya, UMKM di Merauke tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga berkembang menjadi pemain utama di pasar nasional,” Supriatman.

 

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, lanjutnya, Sokoguru dan Rumah BUMN Merauke berharap dapat menciptakan ekosistem bisnis yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah Timur Indonesia, membuka lebih banyak peluang bagi pelaku usaha kecil dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. (Fajar Ramadan/SG-1)