Ekonomi

Pj Wali Kota Bandung Ajak Masyarakat Belanja Produk UMKM di Pasar Kreatif 2024

Pasar Kreatif 2024 menjadi bukti nyata bagaimana Kota Bandung terus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui inovasi dan kreativitas.

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
14 Juni 2024
Agenda Pemkot Bandung menghadirkan Pasar Kreatif, tahun ini hadir di enam mall, termasuk di Kings Shopping Centre, Kota Bandung. (Ist/Pemkot Bandung)

KOTA Bandung kembali menyambut para pecinta fesyen dan pemburu kuliner dengan ajang Pasar Kreatif 2024.

 

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, mengajak warga serta wisatawan untuk meramaikan dan berbelanja di Pasar Kreatif yang diadakan di enam mal ternama Kota Kembang.

 

"Agenda Pemkot Bandung menghadirkan Pasar Kreatif, tahun ini hadir di enam mall, termasuk di Kings Shopping Centre," ujar Bambang pada Pembukaan Pasar Kreatif 2024 di Kings Shopping Centre, Kota Bandung, Kamis (13/6).

 

Baca juga: Bandung Resmi Gelar Pasar Kreatif 2024, Dorong Produk Unggulan UMKM dan Inovatif Lokal

 

"Saya mengajak warga Bandung maupun wisatawan dari luar kota untuk melihat dan menikmati produk unggulan Bandung yang tahun ini mencapai 236 produk."

 

Pasar Kreatif ini bukan sekadar pameran produk lokal. Ini adalah bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB), yang diharapkan mampu mendongkrak perekonomian lokal.

 

"Ini bagian dari rangkaian HJKB. Banyak acara termasuk puncaknya, Bandung Great Sale," tambah Bambang.

 

Namun, acara ini juga memiliki dimensi lain yang lebih mendalam. Bambang mengungkapkan bahwa Pasar Kreatif tidak hanya menjajakan produk lokal, tetapi juga berfungsi sebagai observatorium tren pasar.

 

Baca juga: Pasar Kreatif Bandung 2024 Kembali Hadir: Catat Enam Titik Pelaksanaannya!

 

"Esensinya, kita pasarkan produk lokal untuk bisa ditawarkan kepada publik. Sekalian kita ingin observasi, karena dalam sebuah pasar itu harus tahu ekspektasi dan keinginan publik seperti apa," ungkapnya.

 

Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Ronny A. Nurudin, turut memberikan pandangan optimis. Ia menargetkan omzet tahun ini bisa mencapai Rp10 miliar, naik dari Rp9,3 miliar pada 2023.

 

"Omzet kita targetkan sekitar Rp10 miliar, kita upayakan terus meningkat dari tahun sebelumnya," kata Ronny.

 

Yang menarik, dari 236 pelaku usaha yang berpartisipasi tahun ini, 40 persennya adalah peserta baru.

 

"Dari jumlah tersebut, ada 40 persen pelaku usaha yang baru ikut Pasar Kreatif, mulai dari fesyen, kuliner hingga kriya. Kita hadirkan yang baru untuk ikut andil dalam meningkatkan perekonomian di Kota Bandung," tuturnya.

 

Baca juga: 

 

Pasar Kreatif 2024 menjadi bukti nyata bagaimana Kota Bandung terus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui inovasi dan kreativitas.

 

Bukan hanya sebagai tempat berbelanja, Pasar Kreatif juga menjadi laboratorium hidup bagi pelaku usaha untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

 

Dengan hadirnya Pasar Kreatif di enam lokasi strategis, diharapkan mampu menarik lebih banyak pengunjung dan memberikan pengalaman berbelanja yang unik dan inspiratif. Berikut jadwal lengkapnya:


1. The Kings Shopping Center, 7 - 16 Juni 2024
 

2. Trans Studio Mall, 14 - 23 Juni 2024
 

3. Paris Van Java, 21 - 30 Juni 2024
 

4. Cihampelas Walk, 28 Juni - 7 Juli 2024
 

5. 23 Paskal, 5 - 14 Juli 2024
 

6. Festival Citylink, 12 - 21 Juli 2024

 

Pasar Kreatif Bandung 2024 tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga mengundang warga dan wisatawan untuk menjadi bagian dari perjalanan Kota Bandung menuju perekonomian yang lebih kuat dan berkelanjutan.

 

Baca juga: Pemkot Bandung Bertekad Kembalikan 'Kota Kembang' Jadi Ikon Pariwisata Nasional

 

Melalui inisiatif ini, diharapkan Bandung akan terus menjadi magnet bagi kreativitas dan inovasi, serta menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi setiap pecinta fesyen dan kuliner. (SG-2)