PEMERINTAH Kota Bandung kembali menggelar Pasar Kreatif Bandung 2024 di Kings Shopping Centre, Kota Bandung. Kegiatan ini menjadi ajang pameran produk berkualitas tinggi dan inovatif dari para pelaku usaha lokal.
"Pasar kreatif ini bukan sekedar pameran biasa, tapi wadah produk unggulan Kota Bandung dengan komitmen menghadirkan produk berkelas," ujar Linda Nurani Hapsah, Penjabat Ketua Dekranasda Kota Bandung, pada pembukaan acara tersebut.
Linda menegaskan bahwa Pasar Kreatif bukan hanya tempat untuk menjual produk, melainkan juga untuk memperluas jaringan bisnis dan kreativitas.
Baca juga: Pasar Kreatif Bandung 2024 Kembali Hadir: Catat Enam Titik Pelaksanaannya!
"Ini tidak hanya menunjukan kreativitasnya saja, tetapi kualitas yang mampu bersaing di pasar nasional dan internasional," ungkapnya.
Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2020, Pasar Kreatif telah menunjukkan peningkatan omzet yang signifikan setiap tahunnya.
Dimulai dengan Rp4 miliar pada 2020, kemudian Rp4,6 miliar pada 2021, hingga mencapai puncaknya dengan Rp9,3 miliar pada 2023.
"Pasar Kreatif sudah menjadi barometer kesuksesan bagi produk kreatif lokal. Ini berkat dukungan dari dinas terkait dan kemitraan dari Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) DPD Jawa Barat," tambah Linda.
Bandung sebagai kota produsen, lanjut Linda, harus menghasilkan produk unggulan yang menarik baik wisatawan lokal maupun mancanegara.
"Bandung itu kota produsen. Potensi yang kita miliki harus menarik semua pendatang, baik warga lokal maupun turis internasional. Hasilnya tentu pendapatan di Bandung meningkat dan sektor UMKM menggeliat," tegasnya sebagaimana dilansir situs Pemkot Bandung, Kamis (13/6).
Baca juga: Pemkot Bandung Bertekad Kembalikan 'Kota Kembang' Jadi Ikon Pariwisata Nasional
Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Ronny A. Nurudin, menyampaikan bahwa Pasar Kreatif 2024 diikuti oleh 236 pelaku usaha yang telah terkurasi ketat.
"Tahun ini 236 pelaku usaha, kita kurasi secara ketat. Tujuannya untuk mempromosikan produk kreatif yang berdaya saing," jelasnya.
Pada tahun keempat penyelenggaraannya, Pasar Kreatif hadir di enam mal yang menyuguhkan berbagai produk unggulan Kota Bandung, termasuk fesyen, aksesori fesyen, dekorasi rumah, produk kriya, serta makanan dan minuman dalam kemasan.
Berikut jadwal lengkapnya:
1. The Kings Shopping Center, 7 - 16 Juni 2024
2. Trans Studio Mall, 14 - 23 Juni 2024
3. Paris Van Java, 21 - 30 Juni 2024
4. Cihampelas Walk, 28 Juni - 7 Juli 2024
5. 23 Paskal, 5 - 14 Juli 2024
6. Festival Citylink, 12 - 21 Juli 2024
Baca juga: Kini Teras Cikapundung Kota Bandung Mirip Destinasi Wisata di Seoul
Dukungan pun datang dari General Manager Kings Shopping Centre, Dedi Djunaedi. Ia menekankan bahwa pameran ini bukan hanya menyediakan produk, tetapi juga menjadi ajang tukar pikiran dan pengembangan jaringan bisnis.
"Kita mampu tukar ide untuk menambah pengalaman dan jaringan bisnis. Potensi Kings ini berperan aktif ikut berkontribusi memeriahkan Pasar Kreatif 2024," tuturnya.
Dedi juga menambahkan bahwa kegiatan ini mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama setelah pandemi Covid-19.
"Ini juga mendorong pertumbuhan ekonomi. Para pelaku UMKM berkembang dan mampu berdaya saing," ujarnya.
Pasar Kreatif Bandung 2024 diharapkan dapat terus menjadi ajang yang memperkuat posisi produk kreatif lokal di pasar nasional dan internasional, serta menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk terus berkunjung ke Kota Bandung. (SG-2)