Ekonomi

Perkuat Potensi UMKM di Pasar Internasional, Kemenkop UKM Gelar Cerita Nusantara 2024

Cerita Nusantara 2024 akan menampilkan lebih dari 200 tenant dari berbagai sektor, termasuk fesyen, beauty & wellness, kriya, wastra, kuliner, dan teknologi.
 

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
25 September 2024
Dok. Kemenkop UKM

AJANG Cerita Nusantara 2024 hadir sebagai wadah bagi ide-ide kreatif dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. 

 

Ajang itu adalah momentum untuk menunjukkan bahwa produk UMKM lokal mampu bersaing di pasar global.

 

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), Siti Azizah dalam keterangan persnya di Jakarta, pada Rabu (25/9). 

 

Baca juga: Pameran UMKM Indramayu 2024 Dorong Produk Lokal Menuju Pasar Internasional

 

“Cerita Nusantara 2024 akan menampilkan lebih dari 200 tenant dari berbagai sektor, termasuk fesyen, beauty & wellness, kriya, wastra, kuliner, dan teknologi. Para pelaku UMKM berkesempatan menampilkan inovasi-inovasi terbaru yang memadukan kearifan lokal dengan teknologi modern,” ujarnya dalam rilis yang diterima Sokoguru.

 

Cerita Nusantara merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan KemenKop UKM. Ajang ini berlangsung dari 27 - 29 September di Istora Senayan, Jakarta.  

 

Helatan ini hadir untuk memperkuat produk UMKM Indonesia baik di pasar domestik maupun internasional. 

 

Baca juga: Hadapi Serbuan Produk Impor, Kemenkop UKM Dorong Pameran Produk UMKM Lokal

 

“Event ini dalam memperkenalkan potensi produk lokal kepada dunia, sebanyak 17 kolaborator terbaik Indonesia ada di sini. Dengan tujuan untuk membawa karya-karya lokal ke panggung internasional,” imbuh Siti.

 

Cerita Nusantara 2024 mengusung tema Dari Indonesia untuk Dunia merupakan pameran ekosistem UMKM dan Wirausaha terbesar di Indonesia. Melalui acara ini, para penggerak ekosistem terbaik Indonesia dikumpulkan dalam satu panggung.

 

Siti  mengatakan, acara tersbut tidak semata ajang pameran, tetapi juga wadah kolaborasi lintas sektor. Mulai dari perbankan, pendidikan, hingga sektor swasta, semuanya turut ambil bagian dalam mendorong pertumbuhan UMKM nasional.

 

Baca juga: Buka Gemar Rempah Nusantara, Wapres Sebut RI Berpeluang Besar Jadi Pemasok Rempah Dunia

 

Selain itu, helatan  tersebut juga menyoroti pentingnya inklusivitas, dengan melibatkan pengusaha disabilitas dalam kegiatan tersebut. 

 

"Kreativitas tidak mengenal batas, dan setiap individu memiliki potensi yang sama untuk berkontribusi," ucap Siti Azizah.

 

Siti Azizah berharap Cerita Nusantara 2024 menjadi agenda Internasional, sebagai ajang para buyer lokal dan dunia untuk bisa melihat UMKM Indonesia. Selain itu, dapat menginspirasi para generasi muda untuk terus berkarya mengenalkan karya lokal pada dunia.

 

Selama tiga hari, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan menarik. Di antaranya,  fashion show, festival kuliner Nusantara, instalasi produk kreatif, dan penampilan musisi ternama. (Faj/SG-1)