Ekonomi

Pasar Kreatif Bandung 2024,  Tak Hanya Promosi Tapi Omzet UMKM Meroket

Pasar Kreatif Bandung 2024 berbeda dengan pameran lainnya karena mampu merangkul dan memberikan ruang bagi pelaku UMKM. 

By Deri Dahuri  | Sokoguru.Id
25 Juni 2024
Pasar Kreatif Bandung 2024 yang diselenggakan di Paris Van Java Mal, Kota Bandung. (Ist/Pemkot Bandung) 

PASAR Kreatif Bandung 2024 yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapatkan sambutan positif dari para pelaku usaha yang menjadi peserta.

 

Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan omzet tetapi juga memberikan promosi signifikan bagi para peserta.

 

Salah satu peserta yang merasakan manfaat besar dari Pasar Kreatif Bandung 2024 di Paris Van Java (PJV) Mal adalah Hanifah, yang menjual produk fesyen dengan merek Narita Shibori.

 

Baca juga: Pasar Kreatif Bandung Store Dorong Perekonomian dan Kualitas Produk Lokal

 

Setelah tiga hari berlangsung, penjualannya cukup memuaskan.

 

 

"Alhamdulillah, setiap hari ada yang beli. Lumayan," kata Hanifah di PVJ Mal sebagaimana dikutip situs Pemkot Bandung, Selasa (25/6).

 

Hanifah yang telah mengikuti Pasar Kreatif Bandung untuk ketiga kalinya, merasa kegiatan ini sangat membantu dalam mengembangkan usahanya.

 

"Pasar Kreatif berbeda dengan pameran lainnya karena mampu merangkul dan memberikan ruang bagi pelaku UMKM. Kami sebagai pelaku usaha sangat terbantu," ungkapnya.

 

Hanifah menargetkan omzet lebih dari Rp50 juta selama pelaksanaan Pasar Kreatif  Bandung 2024 yang akan berlangsung hingga 30 Juni di PVJ Mal.

 

"Targetnya lebih dari Rp50 juta. Alhamdulillah, setiap hari ada yang beli," tambahnya.

 

Selain di Pasar Kreatif Bandung 2024, produk Hanifah juga hadir di Balubur Town Square (Baltos) dan Pasar Kreatif Bandung Store di PVJ Mal.

 

Baca juga: Bandung Resmi Gelar Pasar Kreatif 2024, Dorong Produk Unggulan UMKM dan Inovatif Lokal

 

Peserta lainnya, Diva Melatisukma, juga merasakan dampak positif dari Pasar Kreatif.

 

Ia mengakui bahwa usahanya semakin berkembang setelah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

 

"Pasar Kreatif Bandung berada di mal dengan geliat pengunjung tinggi seperti PVJ Mal. Meskipun hanya melihat, mereka jadi tahu produk kita," jelas Diva, yang menjual sandal dengan lukisan tangan di bawah merek Rumah Sendal Geulis.

 

 

Diva berharap dapat terus mengikuti kegiatan ini karena sangat efektif sebagai media promosi.

 

"Pasar Kreatif Bandung memiliki media promosi yang bagus. Kunjungan dinas juga sering jadi kita terpantau," tambahnya.

 

Baca juga: Pasar Kreatif Bandung 2024 Kembali Hadir: Catat Enam Titik Pelaksanaannya!

 

Penjabat Ketua Dekranasda Kota Bandung, Linda Nurani Hapsa, mengajak masyarakat dan wisatawan untuk mengunjungi Pasar Kreatif Bandung 2024.

 

"Jangan lupa kunjungi Pasar Kreatif Bandung di PVJ Mal sampai 30 Juni. Banyak barang menarik dari pelaku usaha asli Kota Bandung dengan kualitas dan harga terjangkau," katanya.

 

Pasar Kreatif Bandung 2024 di PVJ Mal menampilkan 54 pelaku usaha, terdiri dari 40 fesyen dan 14 kuliner.

 

"Kita hadirkan 54 pelaku usaha. Mari datang langsung ke sini," ajaknya.

 

Bagi warga Bandung yang ingin berbelanja produk lokal dengan kualitas internasional, Pasar Kreatif Bandung 2024 di PVJ Mal berlangsung hingga 30 Juni 2024.

 

Selain di PVJ Mal, Pasar Kreatif juga akan digelar di Cihampelas Walk (pada 28 Juni - 7 Juli), 23 Paskal (pada 5 - 14 Juli), dan Festival Citylink (pada 12-21 Juli). (SG-2)