BANDUNG, yang dikenal sebagai surga makanan lezat, kembali menarik perhatian dengan suksesnya usaha mikro kecil menengah (UMKM) Maira Cookies.
UMKM ini berhasil mencatatkan omzet ratusan juta rupiah dari penjualan kue macaron yang khas dan berwarna-warni.
Pemilik Maira Cookies, Endah Permatasari, memulai bisnis ini pada tahun 2017 dari hobinya membuat kue untuk anak-anak, terutama saat lebaran.
Baca juga: Hadirkan Produk UMKM, Omzet Pasar Kreatif Bandung 2024 Tembus Rp8,7 Miliar
Endah melihat peluang menjual macaron di Bandung dan memutuskan untuk membuka usaha dengan produk macaron sebagai andalannya.
Nama "Maira" diambil dari nama anak perempuan bungsunya.
Pada 2019, Endah mengikuti pelatihan di Bandung yang membantunya mengenal banyak mitra penting untuk memasarkan produknya.
Namun, pandemi yang melanda pada 2020 sempat menghambat mendapatkan sertifikasi halal untuk produknya, yang merupakan syarat utama untuk dijual di swalayan ternama.
Setelah menunggu setahun, Endah akhirnya mendapatkan sertifikasi halal dan mulai memasarkan Crispy Macaron Maira Cookies ke beberapa swalayan.
Baca juga: Berkat Dukungan BRI dan Kerja Keras, Cokelat nDalem asal Yogya Sukses ‘Go Global’
Seiring berjalannya waktu, produk Maira Cookies mulai dijual di etalase UMKM di beberapa swalayan ternama di Bandung dan Cirebon.
Pada April 2021, Endah mengikuti BRIncubator, program inkubasi dan akselerasi bisnis UMKM yang diselenggarakan oleh BRI bersama Rumah Kreatif BUMN Bandung.
Dari ribuan peserta, Endah berhasil masuk seleksi 100 besar hingga akhirnya masuk 10 besar, mendapatkan berbagai pelatihan penting yang membantunya memahami visi misi, legalitas, struktur organisasi, dan strategi bisnis.
Crispy Macaron Maira Cookies terbuat dari tepung almond, putih telur, dan gula, tanpa bahan pengawet, dan mampu bertahan hingga satu tahun.
Produk ini juga telah bersertifikat halal dan terdaftar di Dinas Kesehatan.
Selain Crispy Macaron, Maira Cookies juga memiliki produk unggulan lain seperti Pampyron yang menggunakan gula palem dan Macana alias Macaron Kacang Tanah.
Baca juga: Dapat Kucuran KUR BRI, Trimandiri Farm Sukses Kembangkan Peternakan Kambing
Dengan pemasaran yang luas, baik di swalayan ternama di Bandung maupun secara online di wellmairafood.co.id, bisnis Maira Cookies kini meraup omzet hingga Rp500 juta per bulan.
Endah memulai bisnis ini dengan modal pribadi, menjual beberapa aset yang dimilikinya, dan kini berhasil memasarkan produknya ke berbagai swalayan dan toko oleh-oleh besar di Jabodetabek hingga Jawa Tengah.
Untuk memenuhi permintaan pasar, Maira Cookies telah memberdayakan 40 orang pegawai, sebagian besar ibu rumah tangga di sekitar tempat produksinya.
Endah juga sering mengikuti bazar dan pameran UMKM, termasuk yang diadakan oleh Rumah Kreatif BUMN di Jakarta.
Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, menegaskan komitmen BRI dalam mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia.
"BRI sebagai bank yang berkomitmen kepada UMKM, telah memiliki kerangka pemberdayaan yang dimulai dari fase dasar, integrasi hingga interkoneksi," ujar Supari sebagaimana dikutip situs BRI, Selasa (23/7).
Endah berharap Maira Cookies semakin dikenal sebagai camilan favorit keluarga Indonesia, dan kisah suksesnya menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM lainnya. (SG-2)