PASAR Kreatif Bandung 2024 sukses mencatatkan pencapaian mengesankan dengan omzet mencapai Rp 8,7 miliar.
Gelaran yang berlangsung di lima mal terkemuka di Kota Bandung ini menampilkan kekuatan dan daya tarik produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat yang mampu bersaing di pasar nasional hingga internasional.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung, Ronny A. Nurudin mengungkapkan bahwa hingga saat ini total omzet mencapai Rp 8.741.090.170.
Baca juga: Pasar Kreatif 2024 di 23 Paskal Hadirkan 46 Produk UMKM Kota Bandung
Dengan satu hari tersisa di Festival Citylink hingga Minggu, 21 Juli 2024, ia optimistis omzet akan terus bertambah.
"Diharapkan omzet bisa lebih tinggi lagi," ujar Ronny sebagaimana dikutip situs Pemkot Bandung, Sabtu (20/7).
Baca juga: Baru Digelar di Tiga Mal, Omzet Pasar Kreatif Bandung 2024 Sudah Tembus Rp5 Miliar
Pasar Kreatif Bandung 2024 bukan sekadar pameran produk, tetapi juga ajang pembuktian bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Bandung.
Berikut adalah rincian omzet dari setiap lokasi selama acara berlangsung:
1. Kings Shopping Center (7-16 Juni 2024)
- Peserta: 30 pelaku usaha
- Omzet: Rp398.825.462
2. Trans Studio Mall (14-23 Juni 2024)
- Peserta: 42 pelaku usaha
- Omzet: Rp2.852.815.351
3. Paris Van Java (21-30 Juni 2024)
- Peserta: 54 pelaku usaha
- Omzet: Rp2.242.293.800
4. Cihampelas Walk (28 Juni-7 Juli 2024)
- Peserta: 51 pelaku usaha
- Omzet: Rp1.082.712.551
5. 23 Paskal Shopping Center (5-14 Juli 2024)
- Peserta: 46 pelaku usaha
- Omzet: Rp2.164.443.006
Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah, memuji kualitas produk UMKM Bandung yang semakin diperhitungkan di pasar nasional dan internasional.
"Produk UMKM Kota Bandung berkelas dan sangat diperhitungkan. Mereka mampu mengikuti tren dan tengah diminati di pasaran," ungkap Linda.
Pasar Kreatif Bandung bukan hanya ajang penjualan, tetapi juga wadah bagi pelaku UMKM untuk menampilkan kreativitas dan kualitas produk unggulan mereka.
Baca juga: 12 UMKM Binaan Pemkot Bandung Semarakkan Pekan Kreatif Jawa Barat 2024
"Kita bisa lihat berbagai produk menampilkan produk unggulan masing-masing. Kita harap produk ini terus meningkatkan kreativitas juga kualitas yang mampu berdaya saing," papar Linda.
Dengan dukungan penuh dari pemerintah kota dan antusiasme masyarakat, Pasar Kreatif Bandung 2024 menjadi bukti nyata bahwa UMKM Kota Kembang memiliki potensi besar untuk terus berkembang dan merajai pasar, baik di dalam negeri maupun di kancah internasional. (SG-2)