Ekonomi

Dukung Nilai Ekonomi dan Sosial, BRI Kembali Jadi Sponsor Utama Liga 1 2024-2025

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang juga Menteri BUMN  berharap musim BRI Liga 1 2024/2025 dapat semakin mengangkat sepak bola Indonesia yang sudah menjadi perbincangan di level Asia. 

Konferensi pers BRI Liga 1 musim 2024–2025 di Jakarta, Rabu (6/8) (Ist/BRI).

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menjadi sponsor utama untuk empat musim berturut-turut dalam perhelatan kompetisi sepak bola teratas di Indonesia, BRI Liga 1 musim 2024–2025.

 

Pengumuman ini disampaikan pada konferensi pers yang dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, Direktur Utama PT LIB (Liga Indonesia Baru) Ferry Paulus, dan Direktur Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad, di BRILian Center, Jakarta, pada Selasa (6/8).

 

Dalam sambutannya, Erick Thohir mengapresiasi komitmen BRI yang tetap menjadi sponsor utama BRI Liga 1 selama empat tahun berturut-turut. 

 

Baca juga: Ekosistem Ultra Mikro BRI Berhasil Jangkau 36,1 Juta Pelaku UMKM

 

“BRI pertama kali menjadi sponsor Liga saat Covid-19, di mana liga sepak bola di seluruh dunia berhenti, tapi BRI berani mengambil posisi bahwa sepak bola di Indonesia tidak boleh mati,” ujar Erick.

 

Erick Thohir juga berharap musim BRI Liga 1 2024/2025 dapat semakin mengangkat sepak bola Indonesia yang sudah menjadi perbincangan di level Asia. 

 

Menurut Erick, aturan baru Liga yang siap diterapkan musim ini harus mampu meningkatkan kualitas liga dan mutu klub-klub peserta sehingga bisa lebih bersaing di kompetisi liga Asia.

 

“Target utamanya adalah menaikkan mutu Liga kita agar levelnya naik di Asia dan ASEAN. Selain itu, kompetisi yang aman dan nyaman bagi penonton tetap menjadi prioritas di setiap musim baru liga,” jelas Erick. 

 

“Setelah setahun lebih membenahi tim nasional, kini saatnya PSSI membenahi liga,” tambahnya.

 

Sementara itu, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa alasan utama BRI kembali menjadi sponsor adalah komitmen perseroan untuk terus menciptakan nilai ekonomi dan sosial di tengah masyarakat. 

 

Baca juga: BRI Raih Apresiasi sebagai Penyumbang Pajak Terbesar Tahun 2023

 

Sepak bola, sebagai olahraga rakyat yang paling digemari di Indonesia, sesuai dengan profil BRI yang berkeinginan melayani masyarakat luas dari berbagai segmen di seluruh Indonesia.

 

“Oleh karena itu, kami menilai kompetisi BRI Liga 1 menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk meningkatkan eksposur layanan dan produk BRI, terutama super apps digital banking BRImo,” ujar Catur. 

 

Partisipasi BRI sebagai sponsor utama Liga 1 selama tiga tahun terakhir telah berdampak positif terhadap peningkatan kesadaran masyarakat terhadap brand korporat BRI dan produk BRImo.

 

Menurut riset BRI Research Institute, terdapat peningkatan awareness dari tahun ke tahun: tahun 2021 hanya 79% penonton yang tahu BRI menjadi sponsor utama, meningkat menjadi 98,6% pada 2022, dan mencapai 100% pada 2023.

 

Catur juga menambahkan bahwa BRI mendukung perhelatan BRI Liga 1 2024–2025 karena faktor ekonomi yang diciptakan dengan bergulirnya kompetisi. 

 

Berdasarkan riset terbaru BRI Research Institute yang dirilis pada Juli 2024, penyelenggaraan BRI Liga 1 berpotensi menciptakan perputaran uang sebesar Rp10,42 triliun dan nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp5,93 triliun. 

 

Baca juga: Laporan BRI Triwulan II 2024 Ungkap Ekspansi Bisnis UMKM Mulai Membaik

 

Selain itu, terdapat tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp2,27 triliun, potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp866 miliar, serta penciptaan sekitar 45 ribu lapangan kerja.

 

“Kompetisi BRI Liga 1 musim 2024–2025 kami proyeksikan akan memberikan dampak positif secara ekonomi bagi stakeholder, menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan, dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM,” jelas Catur. 

 

“BRI berharap kompetisi ini dapat mencetak talenta-talenta muda berbakat yang akan mendorong prestasi sepak bola Indonesia di panggung global,” imbuhnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menyatakan bahwa LIB bangga dapat bermitra dengan BRI. 

 

“Manfaat exposure dan efek kepada para pengusaha di daerah sangat terasa. Ke depan, kita akan meningkatkan kerja sama melalui ticketing, dan semua klub sudah setuju bahwa ticketing akan melalui BRI,” ucap Ferry.

 

Direktur SCM Harsiwi Achmad menambahkan bahwa rating dan share kepemirsaan BRI Liga 1 pada musim 2023–2024 merupakan yang tertinggi dalam lima musim terakhir.

 

BRI optimistis bahwa BRI Liga 1 2024–2025 dapat meneruskan momentum positif kebangkitan sepak bola Indonesia. 

 

“BRI berharap kompetisi ini dapat menjadi momentum untuk melanjutkan pengembangan ekosistem sepak bola nasional, serta mendukung keberhasilan blueprint Transformasi Sepak Bola Indonesia 2023–2045 yang telah dicanangkan oleh PSSI,” pungkas Catur.

 

Dengan komitmen yang terus diperkuat, BRI bertekad mendukung sepak bola Indonesia agar semakin bersinar di pentas global. (SG-2)