BERBAGAI upaya dilakukan untuk mendorong dan memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Baru-baru, (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengajak masyarakatnya untuk membeli produk UMKM lokal.
Ajakan tersebut karena Pemkot Yogyakarta menyadari bahwa pelaku UMKM terutama mikro dan kecil tak mudah untuk bisa bersaing dengan pelaku usaha yang skalanya lebih besar.
Baca juga: Pemkot Yogyakarta Ajak Masyarakat Beli dan Dukung Produk UMKM Lokal
Sementara itu. Untuk memperluas pasar dan penjualan menjelang bulan Ramadan 1445 H. Dharma Wanita Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) menggelar Bazar UMKM bertajuk "Colorful of Ramadan 2024".
Bazar Ramadhan yang diselenggarakan di lantai 1 Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada 6 - 8 Maret 2024 menghadirkan sederet produk ekonomi kreatif unggulan mulai dari kuliner, kriya, hingga fesyen.
Dalam sambutannya, Rabu (6/3), Penisehat Dharma Wanita Persatuan Kemenparekraf/Baparekraf, Nur Asia Uno mengatakan kebutuhan masyarakat menjelang dan selama bulan Ramadan kian meningkat.
Baca juga: Dorong Sektor UMKM, OJK Gelar Literasi Keuangan untuk Masyarakat di Magelang, Jateng
Momen Ramadan yang membawa berkah dan peluang baik ini harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk menaikkan penjualan mereka.
"Kami berharap bazar ini bisa memotivasi para pelaku usaha baik di tingkat kecil maupun menengah dan kembali untuk membangun serta mengembangkan usaha," kata Nur Asia sebagaimana dilansir situs Kemenparekraf .
Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenparekraf/Baparekraf, Elsi Restog Kusuma, menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraannya, bazar UMKM dijalankan secara penuh oleh Dharma Wanita Kemenparekraf.
Baca juga: Program Bisnis Gadepreneur 2024 Loloskan 360 dari 3.174 Pelaku UMKM
Pihak Dharma Wanita Kemenparekraf melakukan kegiatan mulai dari layout, pemasaran, hingga kelengkapan sarana dan prasarana.
"Besar harapan kami kegiatan ini dapat memberikan manfaat, mendorong UMKM Indonesia terus bangkit dan berjaya di kancah nasional dan bisa menembus pasar internasional," kata Elsi.
Selain menjadi ruang etalase bagi produk ekonomi kreatif, bazar Ramadhan kali ini juga menghadirkan pelatihan pembuatan body mist dari Rumah Atsiri yang merupakan mitra Dharma Wanita Kemenparekraf.
Bazar ini juga mendapat dukungan dari PT. Pegadaian Persero dan PT. Bank Syariah Mandiri.
Turut hadir dalam pembukaan acara, Direktur Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, & Pameran (MICE) Kemenparekraf, Masruroh. (SG-2)