SEBUAH buku terbaru berjudul "The Digitalization of Indonesian Small and Medium Enterprises" yang disusun para peniliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan dirilis penerbit Springer pada Kamis (2/5) di Kantor BRIN Gatot Subroto, Jakarta.
Buku yang disusun berdasarkan riset kolaborasi tim peneliti BRIN dari berbagai bidang mengungkapkan perjalanan transformasi digital yang dijalani oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia.
Dengan menggunakan pendekatan ekosistem, buku ini memaparkan dinamika kondisi digitalisasi UMKM sepanjang dan pasca krisis Covid-19.
Baca juga: Digitalisasi: Pilar Utama dalam Meningkatkan Keberlanjutan UMKM
Transformasi digital, yang dulunya dianggap sebagai opsi tambahan, kini menjadi keharusan bagi UMKM untuk menghadapi tantangan operasional yang muncul akibat pandemi dan masa pemulihan ekonomi.
Buku ini menyoroti bagaimana UMKM berhasil merebut peluang dari perkembangan teknologi digital, menggambarkan perjalanan mereka dalam menghadapi dan memanfaatkan era digitalisasi.
Pengulasan dalam buku ini melibatkan sudut pandang yang beragam, termasuk diskursus literatur, sumber daya manusia, tata kelola, dan peran aktor yang terlibat dalam ekosistem digital.
Dengan demikian, buku ini menjadi sumber rujukan yang berharga bagi pemerintah, akademisi, peneliti, pengamat ekonomi, dan praktisi yang tertarik dalam memahami dan mendukung digitalisasi UMKM.
Baca juga: Digitalisasi Turut Pacu Percepatan Kemajuan UMKM
Sebagaimana dilansir situs BRIN, Kamis (2/5), Kepala Pusat Riset Pendidikan BRIN Trina Fizzanty, mengataka digitalisasi bukan sekadar tren, melainkan keharusan bagi UMKM yang berusaha bertahan dan berkembang di era persaingan global.
Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang transformasi dinamis UMKM melalui lensa ekosistem digital, membahasnya mulai dari tingkat makro hingga mikro dengan pendekatan lintas disiplin ilmu.
Proses penyusunan buku ini melibatkan kolaborasi antara BRIN dengan perguruan tinggi di tiga provinsi Indonesia (Jabar, Sumbar, Daerah Istimewa Yogyakarta), serta melalui riset lapangan dan diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan baik di tingkat nasional maupun daerah.
Baca juga: Digitalisasi Miliki Peran Kunci Berdayakan dan Bangun Keberlanjutan UMKM
Publikasi buku ini bertujuan untuk memperkuat peran UMKM dalam ekonomi digital, menyediakan masukan bagi perancang kebijakan untuk meningkatkan inklusivitas digital UMKM, serta mendorong praktisi UMKM untuk terus mengembangkan kemampuan digital dan inovasi mereka.
Dengan hadirnya buku ini, diharapkan akan terisi pengetahuan yang masih kurang dalam memahami transformasi digital UMKM, sambil memberikan arahan bagi pengambil kebijakan dan praktisi dalam merancang kebijakan digitalisasi UMKM yang inklusif dan berkelanjutan. (SG-2)