Ekonomi

10 IKM OVOP Go Global Unggulan Berkearifan Lokal, Kini Capai Total Omzet Rp21 Miliar

Kegiatan pendampingan dan workshop Program IKM OVOP Go Global telah berhasil mengubah budaya bisnis yang selama ini dijalankan oleh IKM, terutama dalam kemampuan pelaku IKM membaca tren pasar dan peluang bisnis. 
 

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
24 Oktober 2024
sebanyak 10 dari 77 Industri Kecil dan Menengah One Village One Product (IKM OVOP) yang ditetapkan Kemenperin pada 2022, akhirnya lolos menjadi peserta Program IKM OVOP Go Global untuk lima komoditi OVOP. (Dok. Kemenperin)
 

SETELAH melalui seleksi administrasi dan penilaian lapangan, sebanyak 10 dari 77 Industri Kecil dan Menengah One Village One Product (IKM OVOP) yang ditetapkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada 2022, akhirnya lolos menjadi peserta Program IKM OVOP Go Global untuk lima komoditi OVOP. 

 

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita, mengatakan, Program OVOP Go Global terdiri dari rangkaian workshop dan pendampingan oleh para trainer dan expert di bidangnya. 

 

Selain itu, disediakan pendampingan intensif oleh coach sector sesuai komoditas masing-masing, fasilitasi market entry dalam bentuk partisipasi pada pameran berskala internasional, serta business matching

 

Baca juga: Kemenperin Angkat Potensi Kearifan Lokal di Sentra IKM Lewat Ajang OVOP 2024

 

Coach sector yang diberikan sebagai pendamping IKM OVOP memiliki kapasitas dan pengalaman dengan jam terbang yang tinggi pada masing-masing komoditas OVOP tersebut. Mereka berfungsi sebagai tempat konsultasi bagi peserta dalam mengikuti rangkaian Program OVOP Go Global,” paparnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (24/10). 

 

Ke-10 IKM peserta OVOP Go Global tersebut, yaitu Kyria Rezeki dan Rendang Riry pada komoditi makanan dan minuman, Tenun Kubang H Ridwan By pada komoditi kain tenun, Zie Batik dan Pusaka Beruang pada komoditi kain batik, UD Mawar Art Shop dan Menday Gallery and Souvenir pada komoditi anyaman, serta CV. Tanteri, CV. Risman Wijaya Keramik dan Keramik Usaha Karya pada komoditi gerabah. 

 

Reni menjelaskan setelah mendapat pendampingan, sampai dengan akhir September 2024, total omset  dari 10 IKM peserta Program IKM OVOP Go Global tersebut mencapai lebih dari Rp21 miliar, meningkat 13,7% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. 

 

Baca juga: Kemenperin Dorong IKM Mamin Terapkan Keamanan Produksi Pangan

 

“Dari total omset tersebut,  tambahnya, 22,08% di antaranya merupakan hasil penjualan ekspor, meningkat jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang sebesar 19%,” imbuhnya.. 

 

Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita. (Dok. Kemenperin)

 

Reni kemudian menjelaskan proses pendampingan yang diberikan pihaknya kepada 10 IKM tersebut. Misalnya, workshop yang diberikan kepada peserta dan sentra IKM, mencakup rencana pemasaran ekspor, pengembangan produk yang diberikan kepada IKM OVOP dan sentra IKM, identifikasi buyer dan rencana promosi, digital marketing, fotografi dan penyusunan katalog produk, serta persiapan pameran.

 

Program pengembangan IKM melalui OVOP Go Global itu mencakup empat aspek, yaitu capacity building, rebranding, market entry, dan expansion. Berkaitan dengan pengembangan kapasitas IKM OVOP, Kemenperin terus menggenjot keterampilan pelaku IKM melalui bimbingan teknis, pendampingan, dan sertifikasi,” imbuhnya. 

 

Baca juga: Buka Peluang Pasar Ekspor, Kemenperin Fasilitasi 31 IKM Tampil di TEI ke-39 Tahun 2024

 

Dalam hal rebranding,  sambung Reni, IKM OVOP dilatih untuk memperkuat citra produk OVOP tanpa meninggalkan kearifan lokal baik dari bahan baku, teknik produksi, maupun keterampilan SDM perajin hingga kemasan. 

Pada aspek market entry, Ditjen IKMA melatih peserta untuk mampu memperkenalkan produk OVOP ke pasar domestik dan luar negeri, baik melalui pasar digital dan fisik, pameran, maupun temu bisnis serta link and match. 

 

“Pembinaan market entry dilakukan sebanyak dua tahap. Para peserta disiapkan agar mampu melakukan ekspor melalui pelatihan dan pendampingan ekspor, market intelligence, serta misi dagang atau link and match,” jelasnya lagi. 

 

Hasil pendampingan

Lebih lanjut, Reni menjelaskan, kegiatan pendampingan dan workshop Program IKM OVOP Go Global telah berhasil mengubah budaya bisnis yang selama ini dijalankan oleh IKM, terutama dalam kemampuan pelaku IKM membaca tren pasar dan peluang bisnis. 

 

“Bahkan beberapa dari mereka membuka lini bisnis baru untuk menangkap ceruk pasar potensial yang mereka yakini sangat berpotensi. Lini produk baru tersebut telah diperkenalkan ke pasar dan mendapat sambutan yang cukup baik oleh konsumen, baik konsumen loyal dari brand aslinya, maupun konsumen baru dari kelompok target yang disasar,” ungkap Reni.

 

Sebagai contoh, lanjutnya, IKM Batik Lasem Pusaka Beruang yang telah mengeluarkan merek baru khusus untuk batik premium dan penggunaan zat warna alam. 

 

Ada pula IKM Anyaman Mawar Art mengeluarkan merek baru dengan desain  lebih fresh dan ringan untuk menangkap potensi pasar dari kaum anak muda, serta IKM Risman Wijaya Keramik juga mengeluarkan merek baru dengan model produk yang berukuran lebih kecil. 

 

Selanjutnya, dalam pendampingan market entry, sebagai aktivasi rangkaian pendampingan untuk memperluas pasar IKM, para peserta IKM OVOP Go Global ini juga diikutsertakan dalam berbagai pameran berskala internasional dan business matching

 

Pada tahun 2023, IKM OVOP Go Global ini difasilitasi untuk ikut serta dalam Pameran Inacraft dan Trade Expo Indonesia 2023.

 

“Tidak hanya menghasilkan penjualan retail, namun mereka juga menerima business contacts dari dalam negeri dan luar,” ujar Reni mengapresiasi.

 

Dari hasil Pameran Inacraft 2023, mereka mendapat jejaring bisnis dari Amerika Serikat, Australia, Bangladesh, India, Jepang, Kanada, Korea, Malaysia, dan Rusia. 

 

Sedangkan pada pameran TEI 2023, mereka mendapatkan business contacts dari Amerika Serikat, Australia, Belanda, Cili, RRT, Hungaria, Jepang, Kanada, Korea, Madagaskar, Malaysia, Perancis, Singapura, Spanyol, Tunisia, dan Turki.

Reni juga mengapresiasi hasil keikutsertaan IKM OVOP Go Global usai pelaksanaan kedua pameran tersebut. Sebagai contoh, IKM Kerupuk Kyria Rezeki dari Kepulauan Riau yang telah mendapatkan deal kerja sama dengan jaringan Hotel Four Point dan Hotel Natra Bintan di Pulau Bintan. Kryria Rezeki juga mendapatkan deal dengan trader PT Singlong dari Singapura sebanyak dua kontainer. 

 

Sementara itu, IKM Rendang Riry dari Payakumbuh Sumatera Barat, berhasil memperoleh pesanan rendang dari Australia sebanyak 100 kilogram. 

 

IKM Risman Wijaya Keramik dari Purwakarta mendapat potensial buyer dari Argentina. Selain itu dalam partisipasinya pada pameran Trade Expo Indonesia, IKM Tanteri Ceramics diundang oleh KJRI Chicago untuk mengikuti pameran di Chicago Homeshow. Tanteri Ceramics juga mendapat kesepakatan dengan Coffeeshop Titik Temu dan franchise toko roti Butterman.

 

Tahun ini 10 IKM tersebut juga kembali diikutsertakan dalam Pameran Trade Expo Indonesia 2024 yang telah dilaksanakan pada 9-12 Oktober 2024 yang lalu.

 

Berdaya saing global

Kemenperin terus melaksanakan berbagai program dan kegiatan strategis dalam upaya pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) agar bisa berdaya saing global. 

 

Langkah itu antara lain melalui pendampingan, kemudahan akses pasar, serta pemenuhan regulasi dan standar yang diperlukan pelaku IKM. Upaya pemerintah untuk meningkatkan efektivitas pengembangan IKM di Sentra IKM, juga dilakukan dengan pendekatan pembinaan melalui OVOP. 

 

OVOP adalah suatu pendekatan pengembangan potensi daerah di satu wilayah untuk menghasilkan satu produk kelas global yang unik khas daerah dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

 

Reni menjelaskan Program OVOP telah diselenggarakan oleh Kemenperin sejak 2007. Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 Tahun 2021, Kemenperin menyelenggarakan penganugerahan Penghargaan OVOP setiap dua tahun sekali. Adapun penetapan IKM OVOP terakhir dilaksanakan pada 2022.

 

IKM yang telah mendapatkan Penghargaan OVOP tahun 2022 dengan klasifikasi Bintang 2 dan Bintang 3 akan dikurasi kembali dengan melihat kesiapan dan komitmen untuk mengikuti pembinaan lanjutan melalui OVOP Go Global. 

 

“Kami menyelenggarakan Program OVOP Go Global sejak tahun 2023 untuk mendongkrak kemampuan peraih IKM OVOP Bintang 3 dan Bintang 2 agar mampu masuk ke pasar internasional,” ungkap Reni.

 

Program IKM OVOP Go Global merupakan tahap pembinaan lanjutan dalam Program OVOP Kemenperin. Seleksi dilakukan melalui penilaian potensi untuk masuk ke pasar internasional, minat, komitmen, kesiapan sumber daya, serta permodalan dalam mengikuti pendampingan. 

 

“Para IKM OVOP ini diaudit lagi apakah memiliki pengetahuan dan kemampuan pengembangan pasar, siap tembus ekspor, dan produknya potensial sesuai target pasar ekspor,” pungkasnya.  (SG-1)