MIKROGRAFIK
Potensi dibalik Limbah Kayu
Keberagaman jenis kayu serta luas lahan perhutana di Indonesia yang sangat luas, membuat potensi pengolahan kayu menjadi sangat besar.
Oleh Salsabilla Ramadhanty
03 Agustus 2022 08:54

Sokoguru.id - Dewasa ini, limbah kayu hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar rumah tangga saja. Namun, kayu kurang dimanfaatkan sebagai produk yang bernilai jual tinggi. Indonesia sendiri, merupakan salah satu negara penghasil kayu terbesar, yang memiliki rata-rata luas lahan hutan sebesar 94,1 juta ha atau ada sekitar 50,1% dari total daratannya.

Dari data tersebut, mengidentifikasikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, bahkan menjadi produsen terbesar produk olahan kayu. Namun, limbah yang dihasilkan dari proses produksi tersebut masih minim diolah dengan baik, bahkan limbah tersebut hanya berhenti menjadi sampah saja.

Padahal, jika ditelaah lebih jauh lagi Indonesia sendiri berpotensi mengembangkan industry limbah pengolahan kayu yang besar. Di sisi lain, jenis kayu di Indonesia sendiri ada beragam. Yang mampu memperkaya khazanah pengolahan kayu dalam negeri. 

Editor: Ahmad Yunus
Mikrografik Terpopuler
Dari Sampah Laut Menjadi Solusi Usaha
Potensi dibalik Limbah Kayu
MENGENAL ASPEK LEGAL SENAPAN ANGIN