SOKOGURU, BANDUNG- Sebanyak 30 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) unggulan ikut berpartisipasi di Pasar Kreatif Bandung 2025 yang digelar di Kings Shopping Center, Jalan Kepatihan, sejak Jumat 29 Agustus 2025.
Wali Kota Bandung, Muhammad Farhan, yang meninjau langsung kegiatan tersebut, mengapresiasi semangat para pelaku usaha. Ia menilai, Pasar Kreatif menjadi motor penting dalam menggerakkan ekonomi ritel di Kota Bandung.
“Ekonomi ritel inilah yang menghidupi dan memutar perekonomian Kota Bandung secara keseluruhan. Mudah-mudahan model seperti Pasar Kreatif ini bisa terus berlanjut,” ujar Farhan, Senin 1 September 2025.
Baca juga: Bandung Great Sale 2025 Dibuka Malam Ini, Siap-Siap Kebanjiran Diskon Catat Info Pentingnya!
Menurutnya, produk-produk yang dipamerkan sangat beragam dan sesuai dengan karakter pengunjung mall.
“Di Kings ini, target market-nya cocok, 90% perempuan. Produk yang ditampilkan bagus-bagus, ayo warga Bandung datang belanja ke Pasar Kreatif di Kings sebelum berakhir 7 September,” ajaknya, dalam keterangan Diskominfo Kota Bandung, Selasa, 2 September.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin, mengungkapkan, Pasar Kreatif di Kings Shopping Center merupakan penyelenggaraan keempat dari rangkaian delapan mall yang menjadi lokasi kegiatan.
“Secara keseluruhan, Pasar Kreatif Bandung 2025 melibatkan 331 pelaku UMKM. Untuk di Kings, ada 30 pelaku usaha yang dikurasi sesuai karakter pengunjung mall. Hampir 90% pasarnya perempuan, sehingga produk-produk yang ditampilkan pun menyesuaikan,” jelasnya.
Baca juga: Hadirkan Produk UMKM, Omzet Pasar Kreatif Bandung 2024 Tembus Rp8,7 Miliar
Menurutnya, hingga pelaksanaan di empat mall, omzet di kegiatan ini sudah mencapai Rp3,9 miliar. Ada pun pada 2024, Pasar Kreatif tercatat mencapai omzet Rp8,7 miliar.
“Targetnya tentu lebih tinggi dari tahun lalu. Meski daya beli masyarakat tahun ini cenderung menurun, kami optimis UMKM Bandung tetap bisa tumbuh,” imbuhnya.
Ia mengaku, testimoni para pelaku usaha menunjukkan adanya dampak positif dari penyelenggaraan Pasar Kreatif.
Baca juga: Bandung Great Sale 2025 Digelar 28 Agustus-7 September, Ada Diskon hingga 80 Persen di 21 Mal
“Mereka merasa diperhatikan pemerintah, terutama peserta baru yang branding-nya kini lebih dikenal masyarakat. Media sosial mereka juga bertambah follower. Harapannya, manfaat ini berlanjut tidak hanya selama pameran, tapi juga setelahnya, baik melalui penjualan offline maupun online,” ujar Ronny.
Berdasarkan info di pasarkreatifbandung.com, ada delapan mal yang menyelenggarakan Pasar Kreatif pada edisi 2025, antara lain:
1. D'Botanica (8-17 Agustus)
2. 23 Paskal (22-31 Agustus)
3. Paris Van Java (18-24 Agustus)
4. Kings Shopping Center (29 Agustus-7 September)
5. Cihampelas Walk (5-14 September)
6. Trans Studio Mall (15-21 September)
7. Festival Citylink (19-28 September)
8. Summarecon Mall (26 September-5 Oktober).
Setelah Kings Shopping Center, selanjutnya, anda bisa mengunjungi 4 titik mal lainnya untuk berburu produk UMKM kreatif unggulan dari Kota Bandung. Jangan sampai terlewatkan, ya! (SG-1)