SOKOGURU, JAKARTA – Kabar menggembirakan bagi pecinta transportasi publik dan produk lokal!
PT MRT Jakarta resmi membuka toko merchandise pertamanya, MRT Merch Market, di Stasiun MRT Blok M BCA, Jakarta Selatan.
Uniknya, peluncuran perdana ini menghadirkan kolaborasi eksklusif dengan Tahilalats, intellectual property (IP) lokal populer yang dikenal dengan gaya humor khasnya.
Baca juga: MRT Jakarta dan Sarinah Jalin Kerja Sama untuk Dorong Gaya Hidup Urban
Direktur Utama PT MRT Jakarta, Tuhiyat, menyebut kolaborasi ini sebagai bentuk nyata komitmen MRT dalam mendukung ekosistem bisnis kreatif dan inklusif.
“Kami bangga bisa bekerja sama dengan Tahilalats, IP lokal yang cerdas dan jenaka. Ini adalah bukti bahwa MRT Jakarta membuka ruang bagi kolaborasi dengan insan kreatif Tanah Air,” ungkap Tuhiyat.
Lebih dari sekadar toko, MRT Merch Market diharapkan menjadi wadah baru bagi brand lokal untuk berkembang.
Bagian Pengembangan Kawasan Ramah UMKM
Ini juga menjadi bagian dari misi besar MRT dalam pengembangan kawasan transit-oriented (Transit Oriented Development/TOD) yang terintegrasi, inovatif, dan ramah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)..
Baca juga: Bank DKI dan MRT Jakarta Hadirkan MartiPay, Pembayaran Digital untuk Pengguna MRT
“Pembukaan toko ini menegaskan peran MRT Jakarta sebagai katalisator pertumbuhan industri kreatif, khususnya di area transit yang potensial sebagai ruang komersial dan kolaboratif,” tambah Tuhiyat.
Dukungan terhadap talenta lokal juga diapresiasi CEO PT Nusa Kreatif, Rahman Azhari, mitra kolaboratif dari pihak Tahilalats.
“Kami sangat menghargai langkah MRT Jakarta yang memberi ruang bagi IP lokal seperti kami. Ini menjadi milestone penting bagi perkembangan produk dan inovasi ke depan,” ujarnya.
Baca juga: Dari Bahan Tak Lazim, UMKM Gelap Ruang Jiwa Buktikan Produk Lokal Bisa Mendunia
Sebagai brand yang telah dikenal luas di dalam dan luar negeri, kehadiran Tahilalats di MRT Merch Market menjadi magnet baru bagi pengunjung Stasiun Blok M, baik penumpang maupun penggemar produk kreatif.
Merchandise seperti tote bag, pin, notebook, hingga aksesori eksklusif dengan ilustrasi khas Tahilalats, kini dapat ditemukan langsung di pusat transportasi ibu kota.
Dengan langkah ini, MRT Jakarta tidak hanya menjadi moda transportasi modern, tapi juga platform kreatif yang mendorong pertumbuhan UMKM dan IP lokal Indonesia di tengah mobilitas urban yang semakin dinamis. (SG-2) (*)