Soko Bisnis

Dukung UMKM di Saat Ramadan, Program CSR Elnusa Siramah Elsa Bantu Akses Pasar Lebih Luas

Sebanyak 30 stand UMKM hadir dalam bazaar dengan produk lokal, seperti kuliner, fashion, kerajinan dan kecantikan. Cenayu Minuman Herbal paling laris

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
26 Maret 2025

Elnusa perkuat dukungan untuk UMKM melalui program CSR Siramah Elsa. (Dok. Elnusa)

SOKOGURU, Jakarta- Untuk tetap menciptakan kolaborasi berkelanjutan antara PT Elnusa Tbk dan UMKM di saat Ramadan, baru-baru ini anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) itu melaksanakan Sinergi Ramadan untuk UMKM yang Harmonis Bersama Elnusa (Siramah Elsa).

Program itu berupa pelatihan kewirausahaan, promosi produk, serta pembukaan akses pasar yang lebih luas.

Menurut Corporate Secretary Elnusa, Frida Lidwina yang membuka kegiatan tersebut menegaskan, program Siramah Elsa  merupakan bagian dari strategi perusahaan dalam membangun ekosistem usaha berkelanjutan.

“Sebagai perusahaan yang peduli terhadap perkembangan ekonomi lokal, kami berharap kegiatan ini dapat memberikan ruang bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang, serta memperkenalkan produk-produk berkualitas guna menciptakan dampak ekonomi yang lebih luas,” ujar Frida Lidwina, dalam siaran resmi Kementerian BUMN, Selasa (25/3).

Kegiatan tersebut telah berlangsung pada 17-18 Maret 2025 di Ruang Udaya, Graha Elnusa. Hadir pada  acara itu jajaran direksi, manajemen, serta para pelaku UMKM yang ikut pelatihan.

Baca juga: Ikuti Program UMK Pertamina, Usaha Kerajinan Pandan Asal Bantul Mandiri Craft Kini Bangkit Lagi

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 30 stand UMKM hadir dengan menawarkan beragam produk lokal, mulai dari kuliner, fashion, kerajinan tangan, hingga produk kecantikan.

Tidak hanya UMKM eksternal, acara itu juga melibatkan UMKM binaan Elnusa, termasuk produk minuman herbal Cenayu dan kerajinan tangan dari Sahabat Istimewa YPLB Nusantara.

Selama dua hari pelaksanaan, bazar ini berhasil mencatatkan volume penjualan mencapai Rp80 juta.

Salah satu produk unggulan, Cenayu Minuman Herbal dari tanaman toga, terjual hingga 1.200 botol dalam acara itu.

Setiap transaksi yang terjadi dalam bazar ini tidak hanya memberikan manfaat bagi UMKM, tetapi juga turut mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang lebih inklusif.

Selain bazar UMKM, acara ini juga menyajikan berbagai kegiatan tambahan, seperti permainan interaktif dan program donasi.

Pengunjung dapat berbelanja sekaligus berdonasi bagi sahabat istimewa dengan membeli voucher get 1 Cenayu free pahala.

Baca juga: Capai Transaksi Rp4,2 Miliar di Inacraft 2025, Pertamina juga Sabet Booth Terbaik

Hal ini merupakan bentuk kepedulian sosial dari Elnusa dalam rangka mendukung komunitas yang lebih luas.

Program Siramah ELSA tidak hanya sekadar inisiatif di bulan Ramadan, Program ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 1 dan 8, yakni pengentasan kemiskinan serta penciptaan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Program yang merupakan bagian dari  Corporate Social Responsibility (CSR) Elnusa itu  juga menjadi langkah awal dalam menciptakan program berkelanjutan bagi UMKM.

Dengan melibatkan seluruh anak perusahaan seperti PT Elnusa Petrofin, PT Elnusa Trans Samudera, PT Sigma Cipta Utama, dan PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi, Elnusa berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada UMKM agar semakin mandiri dan kompetitif di pasar yang lebih luas.

Sinergi itu, lanjut Frida, adalah cerminan dari harapan kami untuk dapat terus berkontribusi kepada masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Baca juga: Berjaya di TEI 2024, UMKM Binaan Pertamina Sukses Bukukan Transaksi Ekspor USD 10,5 Juta

"Kami berharap program ini dapat berkembang menjadi inisiatif jangka panjang yang memberikan dampak nyata bagi perekonomian nasional,” tutupnya.

PT Elnusa  Tbk (Elnusa, IDX: ELSA) adalah  anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. (SG-1)