Soko Berita

Syarat dan Cara Aktivasi Rekening PIP 2025 Siswa Kelas Akhir, Segera Cek Daftar Penerima SK Nominasi

Aktivasi rekening PIP 2025 untuk siswa kelas akhir sebentar lagi akan berakhir pada Mei ini. Segera cek daftar penerima SK Nominasi PIP dari Kemendikdasmen.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
17 Mei 2025
<p>Ilustrasi kartu debit bantuan PIP. Berikut syarat dan cara aktivasi rekening PIP, cek daftar penerima SK Nominasi terlebih dahulu untuk siswa kelas akhir. (Foto: Puslapdik).</p>

Ilustrasi kartu debit bantuan PIP. Berikut syarat dan cara aktivasi rekening PIP, cek daftar penerima SK Nominasi terlebih dahulu untuk siswa kelas akhir. (Foto: Puslapdik).

SOKOGURU - Berikut syarat aktivasi rekening untuk penerima manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2025 siswa kelas akhir dari berbagai jenjang pendidikan.

Seiring SK Nominasi PIP 2025 untuk siswa kelas akhir sudah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), penerima bantuan diimbau segera aktivasi rekening di bank penyalur.

Sebagai informasi, PIP adalah bantuan pendidikan dari pemerintah yang menyasar anak-anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu agar dapat menyelesaikan pendidikan hingga jenjang menengah.

Dana bantuan PIP diberikan berupa uang tunai, dan disalurkan melalui bank penyalur yang ditunjuk oleh pemerintah, baik itu BRI, BNI hingga BSI.

Informasi dari akun Instagram @sobatpip, bata aktivasi rekening penerima PIP adalah sebelum tanggal 31 Mei 2025.

Namun, karena tanggal itu jatuh pada akhir pekan, sehingga aktivasi rekening PIP akan hanya diterima sampai hari kerja terakhir pada bulan ini, yakni Rabu (28/5).

Sebab, hari Kamis (29/5) merupakan Hari Libur Nasional peringatan Kenaikan Isa Almasih, dan diikuti dengan cuti bersama pada Jumat, (30/5).

Sementara itu, pemerintah sudah menunjuk bak penyalur yang berbeda-beda untuk setiap jenjang pendidikan siswa penerima PIP.

Kepala Tim Kerja PIP Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikdasmen, Sofiana Nurjanah mengatakan, jika BRI penyalur untuk penerima pada jenjang SD dan SMP.

Kemudian BNI melayani penerima PIP siswa jenjang SMA dan SMK. Serta BSI untuk semua jenjang pendidikan khusus di Provinsi Aceh.

Cara Cek Daftar Penerima PIP 2025

Sebelum melakukan aktivasi rekening, siswa serta orangtua/wali sebaiknya melakukan pengecekan status monimasi di pip.kemendikdasmen.go.id.

Dengan login laman SiPintar kemudian pilih fitur 'Cek Penerima PIP' menggunakan NISN dan NIK yang aktif.

Syarat dan Cara Aktivasi Rekening PIP

Penerima PIP jenjang SD dan SMP bisa didampingi oleh orangtua/wali. Sementara siswa SMA dan SMK bisa melakukan aktivasi rekening secara mandiri.

Jika tidak memungkinkan melakukan aktivasi rekening secara langsung, penerima bisa memberikan kuasa melalui kepala sekolah atau guru yang ditunjuk.

Bagi penerima yang namanya tercantum dalam SK Nominasi PIP 2025 bisa langsung mendatangi bank sambil membawa dokumen yang dibutuhkan.

- Surat aktivasi rekening dari kepala sekolah.

- KTP jika sudah memiliki, dan Kartu Keluarga (KK) jika belum memiliki KTP.

- KTP asli orangtua/wali siswa.

- Ikuti petunjuk dari petugas di bank.

Jika melalui kuasa terdapat sejumlah dokumen lain yang dibutuhkan meliputi:

- Surat Pernyataan Tanggung Jawab mutlak asli yang ditandatangani penerima kuasa bermaterai.

- KTP asli dan fotokopi penerima kuasa.

- Surat pengangkatan jabatan asli dan fotokopi penerima kuasa.

- Surat rekomendasi dari dinas pendidikan.

Jika sudah melakukan aktivasi rekening, siswa maupun orangtua/wali akan menerima buku tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) paling lambat 7 hari setelahnya.

Penerima PIP akan mendapatkan buku tabungan SimPel dan kartu debit untuk mengakses dana bantuan jika sudah disalurkan dari pemerintah. (*)