BERITA
Program DISKOP UKMPP Sumedang untuk Pelaku UMKM
Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kab. Sumedang terus berusaha melahirkan program yang mendukung UMKM Sumedang. Beberapa di antara program tersebut akan dilakukan secepat mungkin.
OlehRauf Muhammad
11 Agustus 2022 00:35
featured image
Gapura Wilujeng Sumping di Area Sumedang UMKM Expo & Gelar Budaya 2022

sokoguru.id—Untuk terus membantu perkembangan UMKM Sumedang, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kab. Sumedang mencanangkan beberapa program untuk UMKM. Program-program ini di antaranya adalah program pelatihan promosi digital dan pelatihan pengemasan produk.

“Untuk pelatihan promosi digital ini kita bekerja sama dengan beberapa marketplace. Jadi kita bisa tahu juga tips dan trik agar pemasaran digital lebih optimal,” terang Wuddan Lukmanul Hakim, Kepala Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan, Menengah, Diskop UKMPP Kab. Sumedang.

Selain itu, Wuddan juga menjelaskan bahwa ada kebijakan pemerintah bahwa 40% APBD wajib digunakan untuk membeli produk dalam negeri, tentu di antaranya merupakan produk UMKM. Program ini telah berjalan dari awal tahun, sehingga anggaran belanja sudah ada yang dialokasikan untuk produk dalam negeri.

“Di bulan Agustus ini sudah ada pelatihan packaging untuk UMKM. Sebelumnya kita sudah melakukan kemitraan bersama beberapa pasar modern. Saat kita kirim 26 sampel produk UMKM, alhamdulillah, 15 sampel diterima dan bisa dijual di pasar modern,” terang Wuddan.

Program kemitraan itu pun tidak berhenti begitu saja. Sisa sampel yang tidak masuk bisa dilengkapi dan diperbaiki agar bisa masuk ke pasar modern. Program kemitraan bersama pasar modern ini kemudian diturunkan menjadi pelatihan packaging untuk UMKM Sumedang.

“Kelengkapan data dalam kemasan produk UMKM mesti diperhatikan. Kalau datanya lengkap mulai dari tempat produksi hingga label halal, itu sudah bisa dijual di pasar modern. Makanya pelatihan packaging ini menjadi satu program penting untuk UMKM Sumedang. Harapannya UMKM Sumedang bisa naik omzet, lama-kelamaan naik kelas,” pungkas Wuddan.

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus