SOKOGURU - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membuka peluang emas bagi para lulusan baru melalui Program Magang Lulusan Perguruan Tinggi atau Magang Nasional Kemnaker 2025.
Ini merupakan kesempatan bagi bagi fresh graduate jenjang diploma (D3/D4) dan sarjana (S1), untuk merasakan pengalaman kerja nyata selama enam bulan di perusahaan-perusahaan terbaik.
Pendaftaran program Magang Nasional Kemnaker 2025 ini dilakukan secara online. Berikut tanggal pentingnya, karena waktu pendaftaran sangat terbatas.
Jadwal Pendaftaran Magang Nasional Kemnaker 2025
Program magang ini dirancang berlangsung selama setengah tahun, memberikan waktu yang cukup bagi peserta untuk mengasah kompetensi, dan keterampilan di dunia kerja.
Berikut rincian linimasa penting yang diperhatikan:
1. Pendaftaran peserta magang: 7-12 Oktober 2025.
2. Proses seleksi dan pengumuman peserta: 13-14 Oktober 2025.
3. Pelaksanaan program magang: 15 Oktober 2025-15 April 2026.
Link resmi pendaftaran hanya melalui laman Magang Hub Kemnaker di: https://maganghub.kemnaker.go.id/.
Cara Daftar Magang Nasional Kemnaker 2025
Calon peserta harus mendaftar melalui platform resmi Kemnaker, yaitu Magang Hub, yang terintegrasi dengan akun SIAPKerja. Ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini:
1. Kunjungi laman resmi https://maganghub.kemnaker.go.id/.
2. Pilih tombol "Masuk" yang terletak di pojok kanan atas.
3. Login ke akun SIAPKerja. Jika Anda belum memiliki akun, lakukan registrasi terlebih dahulu.
4. Setelah berhasil login, lengkapi data diri Anda secara detail dan akurat.
5. Telusuri dan pilih perusahaan atau posisi magang yang Anda minati melalui daftar yang tersedia.
6. Lengkapi seluruh dokumen pendukung yang disyaratkan sesuai dengan ketentuan masing-masing lowongan magang.
Baca Juga:
7. Terakhir, kirimkan lamaran Anda melalui sistem.
8. Setelah mengirim lamaran, tunggu proses seleksi. Pengumuman peserta magang yang lolos akan dilaksanakan pada 13-14 Oktober 2025.
Alur Validasi Peserta Sesuai Aturan Kemnaker
Perlu diketahui, proses pendaftaran peserta magang tidak langsung ditentukan oleh perusahaan, melainkan melalui tahapan validasi ketat.
Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 8 Tahun 2025 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Program Pemagangan Lulusan Perguruan Tinggi, ada alur yang harus dilalui calon peserta:
Calon peserta magang harus mendaftar magang melalui SIAPkerja pada link https://siapkerja.kemnaker.go.id/.
Calon peserta magang yang telah melakukan pendaftaran dilakukan validasi oleh tim pelaksana.
Validasi menggunakan data dari kementerian/lembaga terkait.
Calon peserta magang yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan proses validasi dapat mengikuti proses rekrutmen yang dilaksanakan oleh penyelenggara magang.
Baca Juga:
Proses validasi ini bertujuan memastikan bahwa hanya lulusan perguruan tinggi yang memenuhi syarat yang dapat melanjutkan ke tahap rekrutmen perusahaan.
Fasilitas dan Uang Saku Magang
Salah satu keuntungan utama mengikuti Magang Nasional Kemnaker adalah adanya dukungan finansial bagi peserta.
Peserta magang yang diterima akan mendapatkan uang saku yang diberikan setiap bulan selama mengikuti program, yaitu mulai 15 Oktober 2025 hingga 15 April 2026.
Penyaluran uang saku ini dilakukan melalui proses pemindahbukuan atau transfer dana dari bank penyalur kepada rekening penerima. Bank-bank yang ditunjuk sebagai penyalur uang saku, antara lain: BNI, BRI, BTN, Mandiri, dan BSI. (*)