Kreatif

Ibu Rumah Tangga Berdaya Bersama KUR Super Mikro

Talkshow dalam Acara Festival KUR Gen-Creation, mengusung tema 'Perempuan Berdaya', menjadi bukti nyata bahwa program KUR sangat penting untuk memaksimalkan UMKM terutama perempuan. Talkshow tersebut mendatangkan narasumber dari UMKM binaan perbankan, yang berhasil memajukan usaha dengan KUR.

sumber: dokumentasi sokoguru

Sokoguru.id – Acara Festival Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Gen-Creation, digelar di Gedung Sate dengan tema “Anak Muda Sejahtera Bersama KUR”. Festival tersebut diadakan sebagai upaya pengoptimalan pertumbuhan ekonomi nasional.

Pentingnya peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM, sejalan dengan data bonus demografi yang melimpah di tahun 2030 mendatang, khususnya bagi Indonesia. Hal tersebut jelas harus dimanfaatkan secara optimal agar SDM Indonesia mampu bertransformasi dari negara middle-class menjadi negara yang maju.

Sebagai pencapaian target tersebut, penyaluran KUR 2023 ditingkatkan menjadi Rp450 triliun, dengan dukungan yang didorong oleh berbagai perbankan penyalur. Target yang disasar oleh pemerintah dan perbankan, dikhususkan untuk perempuan yang aktif m,aupun memiliki minat bisnis yang tinggi.

Hal tersebut ditegaskan dalam acara Festival KUR yang digelar pada 17-18 Maret di Gedung Sate, dengan Talkshow yang bertema “Perempuan Berdaya Bersama KUR” yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 Maaret 2023.

Salah satu narasumber yang hadir ialah Vini Diar Mutiara, pelaku UMKM di bidang kerajinan Makrame 'Rumah Nyonya'. Dirinya mengaku sangat senang dan terbantu oleh hadirnya KUR terutama ketika menjalankan bisnisnya.

“Saya sangat terbantu sekali dengan adanya KUR ini. Karena bantuan KUR ini saya dapat menyewa ruko sendiri,” jelas Vini di acara Talkshow Festival KUR Gen-Creation.

Vini sendiri mengembangkan bisnisnya dengan berbagai strategi dengan penggunaan platform digital ditambah dengan fasilitas yang ia dapatkan dari bantuan KUR.

Menurutnya, dengan adanya KUR selain dapat membantunya dalam memaksimalkan modal dan fasilitas usaha, hal itu juga turut menaikkan omzet usahanya.

Kesaksian Vini, menambah data penerima KUR semakin naik kelas dalam bisnisnya. Hal tersebut sudah diprediksi dan disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto.

“Saya berharap bahwa semakin banyak penerima KUR bisa naik kelas, dan tentunya akses pembiayaan yang mudah dan murah untuk terus kita dorong Bersama,” jelasnya dalam sambutan Acara Festival KUR Gen-Creation secara virtual.