SOKOGURU, GARUT: BPJS Kesehatan memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap mendapatkan perlindungan optimal selama periode mudik Lebaran 2025.
Berbagai layanan telah disiapkan agar peserta tetap dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah, baik secara daring maupun langsung di fasilitas kesehatan.
Layanan Tanpa Tatap Muka, Praktis dan Fleksibel
Peserta JKN kini dapat memanfaatkan layanan tanpa tatap muka yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
Baca juga: BPJS Kesehatan dan Bank bjb Bersinergi untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan
Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Garut, Dewi Fitriani, Rabu (26/3/2025), menjelaskan bahwa berbagai kanal layanan telah disediakan untuk memastikan kenyamanan peserta:
* Pandawa: Layanan WhatsApp di nomor 0811 8 165 165, beroperasi 24 jam, dengan layanan administrasi tersedia pukul 08.00-17.00 WIB (batas penyelesaian pukul 16.30 WIB).
* Aplikasi Mobile JKN: Memudahkan peserta dalam mengakses berbagai fitur layanan BPJS Kesehatan secara praktis.
* BPJS Kesehatan Care Center 165: Call center 24 jam yang siap melayani kebutuhan informasi dan pengaduan peserta.
Layanan Tatap Muka Tetap Tersedia Selama Cuti Lebaran
Bagi peserta yang mengalami kendala dalam layanan digital, BPJS Kesehatan tetap membuka layanan tatap muka di kantor cabang terdekat selama cuti bersama Lebaran, yakni pada 28 Maret, 2, 3, 4, dan 7 April 2025, pukul 08.00-12.00 WIB.
Baca juga: Dinkes Kota Bandung Pastikan Pelayanan BPJS Kesehatan Tidak Terganggu
Peserta JKN yang mengalami sakit selama perjalanan mudik dapat langsung mengunjungi Puskesmas atau Klinik Pratama yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
Sementara itu, dalam kondisi kegawatdaruratan medis, seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan layanan kepada peserta JKN tanpa biaya tambahan.
“Kami mengingatkan peserta untuk selalu menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai identitas utama dan memastikan status kepesertaan JKN tetap aktif,” ujar Dewi.
Baca juga: DPR Minta Pemerintah Tidak Buru-Buru Hapus Kelas BPJS Kesehatan
Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui aplikasi Mobile JKN atau layanan call center 165. Dengan berbagai layanan ini, BPJS Kesehatan berharap seluruh peserta dapat menjalani mudik dengan aman dan nyaman tanpa khawatir akan akses layanan kesehatan. (SG-2)