Soko Tekno

5 Aplikasi Digital Marketing Terbaik untuk Pengusaha Pemula, Bantu Bisnis Semakin Meroket!

5 aplikasi digital marketing ini membantu bisnis Anda semakin meroket dan raih penghasilan puluhan juta! cocok digunakan oleh pengusaha pemula tingkatkan omset.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Ni Putu Kania Maharani  | Sokoguru.Id
04 Mei 2025

Ilustrasi proyeksi digital marketing produk. Berikut lima aplikasi digital marketing cocok untuk pengusaha pemula untuk meningkatkan penjualan. (Foto/Freepik).

SOKOGURU - Mengetahui dan memahami alat yang bisa membantu memasarkan produk usaha, menjadi hal yang krusial dalam menjalankan bisnis online.

Bisnis online sendiri kini menjadi pilihan, karena terbilang mudah, terjangkau, dan bahkan bisa promosi secara gratis melalui platform media sosial.

Selain itu, bisnis secara online juga dapat menjangkau calon konsumen lebih luas dengan menggunakan website. Selain itu, terdapat sosial media yang bisa mendukung bisnis untuk digunakan sebagai alat marketing, seperti Instagram hingga TikTok.

Sebagaimana dilansir dari kanal YouTube Alex Cattoni, berikut 5 aplikasi digital marketing yang cocok untuk pengusaha pemula.

1. Canva

Canva bisa dimanfaatkan oleh siapapun untuk membuat desain menarik, dan bahkan tanpa latar belakang desain, dapat dengan mudah membuat materi promosi yang menarik.

Di Canva sendiri, tersedia ribuan template siap pakai untuk berbagai kebutuhan bisnis, mulai dari desain poster produk, konten Instagram (feed, carousel, Reels), TikTok, hingga logo bisnis dan materi branding lainnya.

Canva menawarkan versi gratis dengan fitur yang sangat memadai untuk kebutuhan dasar. Tersedia juga opsi berbayar dengan fitur yang lebih canggih untuk kebutuhan yang lebih kompleks.

Dapat diakses melalui website (www.canva.com) maupun aplikasi mobile, memungkinkan Anda mendesain kapan saja dan di mana saja.

Bahkan, memungkinkan pengusaha dengan anggaran terbatas untuk menghasilkan materi promosi visual yang profesional, dan menarik perhatian calon pelanggan.

2. Semrush

Semrush bisa membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dengan niche, dan bisnis online Anda.

Dengan mengetahui kata kunci yang banyak dicari calon pelanggan, Anda dapat mengoptimalkan konten media sosial, dan website agar lebih mudah ditemukan.

Anda bahkan bisa menganalisis strategi media sosial kompetitor, termasuk konten terpopuler mereka dan kata kunci yang mereka gunakan.

Dengan menargetkan kata kunci yang tepat dan membuat konten yang relevan, Anda dapat menarik audiens yang sesuai dengan target, dan meningkatkan engagement di akun media sosial bisnis.

Semrush juga dapat membantu memahami pasar dan audiens secara lebih baik, sehingga upaya pemasaran media sosial menjadi lebih efektif dan efisien.

3. Google Trends

Google Trends memungkinkan Anda melihat topik dan kata kunci apa saja yang sedang populer di berbagai wilayah dalam kurun waktu tertentu, termasuk tren di platform media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Dengan mengetahui tren yang sedang booming, Anda dapat membuat konten yang relevan dan menarik perhatian audiens yang lebih luas, sehingga membuka potensi bisnis online untuk dikenal semakin besar.

Mengikuti tren yang relevan dengan produk atau layanan Anda, dapat membuka peluang untuk menjangkau calon pelanggan baru hingga meningkatkan penjualan.

Google Trends adalah tools gratis dari Google yang sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci atau topik untuk melihat tren terkait.

Memberikan wawasan berharga tentang apa yang sedang diperbincangkan, memungkinkan bisnis kecil untuk tetap relevan dan memanfaatkan momentum yang ada.

4. Google Ads

Google Ads memungkinkan Anda memasang iklan dengan menargetkan kepada calon pelanggan berdasarkan berbagai kriteria seperti lokasi, minat, usia, dan kata kunci yang mereka cari.

Ini memastikan iklan Anda dilihat oleh orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk yang dijajakan, (misalnya, produk clothing, skincare, makeup, dan lainnya).

Anda dapat memilih berbagai format iklan, termasuk iklan teks, iklan gambar, dan iklan video, sesuai dengan jenis produk atau layanan yang ditawarkan.

Sehingga, memungkinkan bisnis baru untuk menjangkau audiens yang relevan dengan cepat dan efektif, mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan potensi penjualan.

5. Facebook Page

Facebook Page adalah representasi bisnis Anda di platform Facebook. Ini memungkinkan Anda berbagi informasi tentang produk, layanan, promosi, dan berinteraksi langsung dengan calon pelanggan.

Melalui Facebook Page, Anda dapat membangun komunitas penggemar merek Anda, menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan dukungan, dan mengumpulkan feedback.

Sebab, interaksi yang aktif dengan audiens melalui postingan yang menarik, seperti kuis, atau siaran langsung dapat meningkatkan engagement dan loyalitas pelanggan. (*)