SOKOGURU, JAKARTA- Dalam perjalanannya, DENZA memandang mobilitas sebagai bentuk seni, yakni perpaduan estetika, kemewahan, dan teknologi yang dirancang untuk menghadirkan ketenangan bagi para penggunanya.
Memasuki satu tahun kehadirannya di Indonesia, mobil listrik DENZA yang kini sepenuhnya dimiliki oleh BYD merayakan tonggak penting dalam evolusi luxury electric mobility di tanah air.
Hal itu disampaikan Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, dalam keterangan resmi yang diterima Sokoguru, Senin, 24 November 2025.
Baca juga: Rekor Baru! Mobil Listrik BYD Atto 3 Laku 1 Juta Unit dalam 3 Tahun 9 Bulan
“Sejak diluncurkan pada Januari 2025, DENZA mengukuhkan dirinya sebagai pemimpin di segmen premium kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia,sebuah pencapaian yang lahir dari penerimaan pasar yang sangat positif, pertumbuhan yang solid, dan hubungan kepercayaan yang terus berkembang antara DENZA dan para konsumennya,” ujarnya.
Momentum satu tahun ini, sambung Eagle, menjadi refleksi atas bagaimana DENZA yang model pertamanya diluncurkan pada 2014 itu, diterima sebagai brand yang mampu memberikan rasa percaya, pengalaman elevated, dan kualitas yang konsisten di setiap interaksi.
Kesuksesan setahun pertama ini tidak hadir secara instan, melainkan melalui dedikasi DENZA dalam membangun pendekatan layanan holistik: mulai dari test drive dan ruang lounge premium untuk eksplorasi yang lebih personal, hingga standar purnajual yang menekankan kenyamanan dan peace of mind sebagai bagian dari nilai kemewahan sesungguhnya.
Baca juga: PEVS 2025: Brand Mobil Listrik Ramai-Ramai Sosialisasi Manfaat Mobil Listrik untuk Bisnis
“Sebagai bagian dari komitmen tersebut, DENZA terus memperkuat kehadiran kami di Tanah Air dengan memperluas jaringan dan layanan, agar semakin banyak konsumen dapat merasakan kualitas dan kenyamanan khas DENZA,” tegas Eagle.
Benchmark Baru MPV Premium di Indonesia
Lebih lanjut, Eagle mengatakan, D9 sebagai model pertama yang dibawa oleh DENZA ke pasar otomotif tanah air memperkenalkan standar baru dalam kenyamanan dan kemewahan sebuah MPV listrik, dan menjadi penanda era baru MPV listrik premium di Indonesia.
Baca juga: Mobil Listrik Polytron Diluncurkan, Menperin Sebut Kualitas Otomotif Indonesia Mampu Bersaing
Dengan desain elegan, kabin luas, material premium, kursi kapten elektrik, fitur keselamatan canggih, performa tinggi, ramah lingkungan, serta karakter berkendara halus dan tenang, D9 menjadi benchmark baru bagi konsumen yang mengutamakan kualitas, kenyamanan berkendara, dan gaya hidup berkelanjutan sekaligus berkelas dalam satu paket.
DENZA D9, sebagai benchmark MPV listrik premium di Indonesia, mengusung konfigurasi kabin luas untuk tujuh penumpang dengan ruang interior yang dirancang eksklusif dan mewah.
Keunggulan D9 diperkuat oleh motor listrik bertenaga yang menjamin karakter berkendara yang halus dan responsif. Ditenagai oleh Blade Battery berkapasitas 103,3 kWh, D9 mampu menempuh jarak hingga 600 km dalam sekali pengisian, didukung penuh oleh e-Platform 3.0 milik BYD.
Teknologi inti itu tidak hanya menjamin performa optimal dan efisiensi energi tinggi, tetapi juga memperkuat standar keselamatan tertinggi. Kenyamanan dan keamanan perjalanan semakin ditingkatkan dengan sistem hiburan dan konektivitas yang intuitif, fitur ADAS (Advanced Driver-Assistance Systems) yang canggih, kualitas isolasi kabin yang superior, serta dukungan teknologi pengisian cepat yang efisien.
Layanan yang Konsisten dan Harmonis
Sebagai brand premium EV yang selalu mengutamakan kepuasan konsumennya, DENZA berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan terbaik melalui jaringan layanan purnajual yang semakin luas.
Komitmen itu, lanjut Eagle, diwujudkan melalui kehadiran lima DENZA showroom dan 10 DENZA Authorized Service Dealer bekerja sama dengan BYD yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Lima showroom 3S (sales, service, and spare part) tersebut mencakup DENZA Arista BSD City, DENZA Haka Pluit, DENZA Harmony Kelapa Gading, DENZA BIPO Denpasar, dan DENZA BIPO Gatot Subroto.
Sementara itu, sepuluh DENZA Authorized Service Dealer 2S (Service and Spare part) meliputi BYD Haka Cibubur (Jakarta Timur), BYD Arista Summarecon Bekasi, BYD Harmony Bekasi Timur, BYD Arista Bogor, BYD Arista Serang, BYD Arista Semarang, BYD Haka Suprapto (Malang), BYD Haka Balikpapan, BYD Arista Pontianak, dan BYD Haka Karebosi (Makassar).
Kehadiran jaringan ini memastikan setiap konsumen DENZA dapat menikmati standar layanan premium yang konsisten di berbagai wilayah Indonesia, termasuk timur Indonesia.
Pendekatan layanan holistik ini menjadi pilar penting dalam perjalanan DENZA, bukan hanya menjual kendaraan, tetapi membangun ekosistem yang menyeluruh.
Respons Konsumen, Pemimpin Segmen EV
Respons konsumen Indonesia menjadi salah satu kekuatan terbesar dalam perjalanan DENZA. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hingga Oktober 2025, DENZA tercatat sebagai pemimpin di segmen EV tahun ini.
Head of Public & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan, mengatakan, pencapaian itu semakin menegaskan posisi DENZA sebagai brand yang semakin dipercaya konsumen Indonesia, berkat kombinasi desain elegan, kenyamanan kabin yang superior, dan teknologi cerdas yang dihadirkan pada setiap produknya.
Pertumbuhan yang kuat ini juga mencerminkan keberhasilan DENZA dalam membangun fondasi pasar yang solid dalam waktu singkat, serta konsistensi brand dalam menawarkan pengalaman premium EV yang relevan dan berkelanjutan bagi masyarakat modern.
“Di balik setiap perjalanan DENZA terdapat para konsumen yang mempercayakan pengalaman berkendaranya kepada kami. Hampir satu tahun terakhir, hubungan itulah yang ingin kami bangun, hubungan yang lebih personal, lebih hangat, dan lebih bermakna. Komunitas kami tumbuh, dan bersama mereka kami membentuk masa depan mobilitas premium yang penuh inspirasi,” ujarnya.
Memasuki tahun kedua kehadirannya di Indonesia, sambung Luther, DENZA terus memperkuat fondasinya sebagai pemimpin segmen premium EV di tanah air dan sebagai brand yang konsisten menghadirkan standar baru dalam luxury electric mobility.
“Memasuki fase berikutnya, DENZA bersiap memperkuat kehadirannya melalui pengembangan portofolio produk, ekspansi jaringan layanan, serta pengalaman konsumen yang semakin dipersonalisasi,” tambahnya.
Luther mengatakan dengan landasan kepercayaan yang kuat dari konsumen Indonesia, DENZA melangkah ke era baru luxury electric mobility yang lebih cerdas, lebih halus, dan lebih mewah.
Dukungan kuat dari konsumen dan komunitas, jaringan layanan yang terus berkembang, serta pencapaian positif di pasar memperlihatkan DENZA berada di jalur yang tepat untuk melangkah lebih jauh.
Ke depan, DENZA berkomitmen untuk menghadirkan inovasi yang lebih relevan, pengalaman berkendara yang semakin personal, dan layanan premium yang konsisten demi membangun masa depan mobilitas listrik berkelas yang lebih cerdas, nyaman, dan berkelanjutan bagi Indonesia.
DENZA telah meraih lebih dari 300.000 pesanan kumulatif dari pengguna di seluruh dunia, yang mencerminkan kepercayaan dan apresiasi global terhadap kualitas dan keunggulannya. (SG-1)