Soko Tekno

Facebook Story Bisa Monetisasi: Peluang Besar untuk UMKM, Promosi Produk Bisa Dapat Cuan Tambahan

Platform media sosial Facebook berniat untuk menyaingi TikTok dengan menghadirkan kebijakan monetisasi pada video Story kreator konten di platformnya.

By Pipin Lukmanul Hakim  | Sokoguru.Id
15 Maret 2025

Ilustrasi logo Facebook. Platform media sosial milik Meta ini kembali hadirkan gebrakan untuk menyaingi TikTok, kini video Story bisa monetisasi. (Foto/Freepik).

SOKOGURU  - Platform media sosial milik Meta kembali membuat gebrakan dengan menghadirkan fitur monetisasi terbaru untuk kreator konten.

Saat ini, bukan hanya video dan Reels melainkan konten Story juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Fitur ini, tentu menjadi angin segar untuk kreator konten yang ingin memaksimalkan potensi pendapatan mereka di platform media sosial ini.

Sebagaimana diberitakan TechCrunch pada Kamis, (13/3), opsi monetisasi baru ini tersedia secara global bagi kreator yang tergabung dalam Program Facebook Content Monetization.

Peluang Baru bagi Kreator

Kreator dapat memperoleh penghasilan dari konten yang mereka unggah di Story, seperti cuplikan video resep, momen keseharian, atau konten menarik lainnya.

Pembayaran akan disesuaikan dengan performa konten, sehingga semakin banyak penonton berpeluang semakin besar pula penghasilan.

Tidak ada ambang batas minimal penayangan untuk mulai menghasilkan uang, sehingga kreator pemula juga memiliki kesempatan yang sama.

Persyaratan dan Cara Kerja

Kreator yang sudah mengaktifkan monetisasi dalam Program Facebook Content Monetization tidak perlu melakukan langkah tambahan.

Nah, bagi yang belum bergabung bisa segera mendaftarkan diri melalui situs resmi program monetisasi konten Facebook.

Sebab, Facebook berencana membuka kembali pendaftaran program pada tahun ini, sehingga kreator baru memiliki kesempatan untuk bergabung.

Strategi Meta Menarik Kreator

Langkah ini merupakan bagian dari strategi Meta untuk menarik kreator TikTok ke Facebook dan Instagram.

Sebelumnya, Meta menawarkan berbagai insentif, seperti bonus tunai, kesepakatan konten, dan dukungan komunitas.

Dengan menambahkan opsi monetisasi Story, Facebook memberikan sumber pendapatan tambahan bagi kreator untuk terus berkarya di platformnya.

Potensi Cuan Menjanjikan

Facebook sendiri sudah membayarkan lebih dari empat juga kreator sejak memperkenalkan peluang monetisasi pada tahun 2017 silam.

Dan di tahun 2024, kreator memperoleh lebih dari dua miliar dolar AS dari platform ini. Dengan adanya fitur monetisasi Story, diharapkan kreator akan semakin termotivasi untuk menghasilkan konten-konten yang menarik dan berkualitas.

Dengan adanya fitur monetisasi story ini, Facebook memberikan harapan baru bagi para kreator konten, dan memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Peluang Terbuka untuk UMKM

Di samping itu, pelaku UMKM bisa memanfaatkan fitur terbaru yang disediakan Facebook tersebut, yakni selain mempromosikan produk bisa sekaligus monetisasi konten video di platform tersebut.

Buatlah video menarik, orisinal, dan sesuai ketentuan Facebook dari produk UMKM yang akan dipromosikan. Lalu bisa diunggah ke Reels.

Dengan demikian, selain UMKM bisa promosikan produk dengan video menarik, bisa sekaligus meraih cuan tambahan dari konten yang diunggah di Facebook.